Selasa, 30/04/2024 - 01:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tidur di Jam yang Sama Setiap Malam, Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

ADVERTISEMENTS

 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Berdasarkan sebuah penelitian di Inggris Raya, perbedaan kecil dalam kebiasaan tidur antara hari kerja dan istirahat dapat menyebabkan perubahan tidak sehat pada bakteri di usus. Hal ini mungkin disebabkan oleh orang-orang dengan jetlag sosial yang memiliki pola makan yang sedikit lebih buruk.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dilansir BBC pada pekan lalu, tidur yang sangat terganggu, terutama kerja shift, diketahui berdampak buruk pada kesehatan. Menjaga waktu tidur dan waktu bangun tetap konsisten dan mengonsumsi makanan seimbang dapat membantu mengurangi risiko penyakit.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Studi terhadap hampir 1.000 orang dewasa yang dilakukan oleh para ilmuwan King’s College London menemukan bahwa perbedaan 90 menit pada titik tengah tidur malam Anda selama sepekan normal dapat memengaruhi jenis bakteri yang ditemukan di usus manusia. Memiliki beragam spesies bakteri dalam sistem pencernaan Anda sangatlah penting. Ada yang lebih baik dari yang lain, namun mendapatkan campuran yang tepat adalah kunci untuk mencegah sejumlah penyakit.

ADVERTISEMENTS

“(Jetlag sosial) dapat mendorong spesies mikrobiota yang memiliki hubungan buruk dengan kesehatan Anda,” kata Kate Bermingham, penulis studi dan ilmuwan nutrisi senior di perusahaan ilmu kesehatan Zoe.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tidur dan bangun pada waktu yang sangat berbeda dalam seminggu, dibandingkan dengan akhir pekan, disebut mengalami jetlag sosial. Studi tersebut menyatakan bahwa penyakit ini diperkirakan memengaruhi lebih dari 40 persen populasi di Inggris Raya, dan paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda, kemudian berkurang seiring bertambahnya usia. Peserta dalam penelitian ini, yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, menganalisis pola tidur dan darah mereka, mengumpulkan sampel tinja, dan mencatat semua yang mereka makan dalam kuesioner makanan.

Berita Lainnya:
Sebelum Tidur, Ikuti Sunnah Rasulullah Berikut ini

Mereka yang mengalami jetlag sosial (16 persen) lebih cenderung mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kentang, termasuk keripik dan keripik kentang, ditambah minuman manis, serta lebih sedikit buah dan kacang-kacangan. Penelitian sebelumnya menunjukkan, orang dengan jetlag sosial mengonsumsi lebih sedikit serat dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur lebih konsisten. Penelitian lain menemukan jetlag sosial dikaitkan dengan penambahan berat badan, penyakit, dan kelelahan mental.

“Kualitas tidur yang buruk berdampak pada pilihan dan orang-orang mendambakan makanan yang lebih tinggi karbohidrat atau bergula,” kata dr Bermingham.

Pola makan yang tidak sehat kemudian dapat memengaruhi kadar bakteri tertentu di usus. Para peneliti menemukan bahwa tiga dari enam spesies mikrobiota yang lebih banyak yang terdapat di usus kelompok jetlag sosial terkait dengan kualitas makanan yang buruk, obesitas dan tingkat peradangan dan risiko strok yang lebih tinggi. Peneliti memgatakan, hubungan antara tidur, pola makan, dan bakteri usus sangatl rumit dan masih banyak yang perlu diketahui, kata tim peneliti.

Berita Lainnya:
Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung, Free Fire Terancam Diblokir?

Sementara itu, nasihat mereka adalah menjaga konsistensi, jika bisa, selama sepekan.

“Menjaga pola tidur yang teratur, baik saat kita pergi tidur maupun saat bangun setiap hari, adalah perilaku gaya hidup yang mudah disesuaikan dan dapat kita lakukan, yang dapat berdampak lebih baik pada kesehatan Anda melalui mikrobioma usus,” kata dr Sarah Berry, dari King’s College London.

Terkait pola makan sehat, Situs web National Health Service (NHS) menyarankan Anda mencoba untuk makan setidaknya lima porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari, makanan dasar pada makanan bertepung berserat tinggi seperti kentang, roti, nasi atau pasta, miliki beberapa produk susu atau produk susu alternatif, dan pilihlah yang rendah lemak atau rendah gula jika memungkinkan.

Kemudian makanlah kacang polong, kacang-kacangan, ikan, telur, daging dan protein lainnya, pilih minyak tak jenuh dan olesan, serta makan dalam jumlah sedikit, serta minum banyak cairan (setidaknya enam hingga delapan gelas sehari).

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi