Kamis, 02/05/2024 - 02:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Bahlil: Hilirisasi Dapat Memberikan Nilai Tambah untuk Ekonomi Daerah

ADVERTISEMENTS

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, menyampaikan bahwa program hilirisasi sumber daya alam yang sedang digalakkan pemerintah saat ini dapat memberikan nilai tambah terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Pendorongan investasi di luar Pulau Jawa terus digalakkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Konsep hilirisasi ini sebagai instrumen untuk bagaimana bisa nilai tambah itu ada di daerah,” kata Bahlil dalam sebuah sesi kuliah umum di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (29/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kementerian Investasi telah mengeluarkan Peraturan Menteri Investasi nomor 1 tahun 2022 yang mendorong kolaborasi antara investasi besar dengan pengusaha nasional di daerah. Dia menuturkan peraturan tersebut dibuat guna mendorong investasi di daerah untuk pemerataan ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Freeport Setor Rp 3,35 Triliun kepada Pemprov Papua Tengah

“Saya sudah buat peraturan menteri, setiap investasi yang masuk wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha daerah yang ada di daerah bukan pengusaha daerah yang ada di Jakarta,” ujar Bahlil.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Bahlil juga menyebutkan pendorongan investasi di luar Pulau Jawa terus digalakkan untuk mewujudkan visi pembangunan Indonesia sentris yang tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

Dia menjelaskan bahwa sejak tahun 2020 kuartal ketiga realisasi investasi di luar Pulau Jawa selalu lebih besar dari Pulau Jawa, dimulai dari 50,5 persen, dan terus bertumbuh hingga pada tahun 2023 kuartal kedua investasi di luar Pulau Jawa telah mencakup 53 persen.

“Sejak 2020 kuartal ketiga sampai dengan 2023 kuartal kedua alhamdulillah investasi di luar Pulau Jawa sudah lebih besar ketimbang di Jawa, sebesar 53 persen. Kita bangun pemerataan ini semua supaya apa? Supaya pertumbuhan ekonominya itu dari Aceh sampai Papua,” kata Bahlil.

Berita Lainnya:
Momen Idul Fitri, Bahlil: Kita Harus Saling Memaafkan

Dia menjelaskan salah satu contoh kawasan industri hilirisasi di daerah yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi wilayahnya adalah kawasan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Kawasan industri terpadu itu menjadi salah satu tempat pengolahan pemurnian bijih nikel. Menurut data yang dihimpun Kementerian Investasi, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara pada 2018 hingga 2020 berada di bawah 10 persen.

Begitu memasuki tahun….

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi