Minggu, 05/05/2024 - 08:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Rapai Geleng, Kesenian Tradisional Aceh yang Menggema di PKA ke 8

ADVERTISEMENTS

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Suara rapai yang menghentak-hentak menggema di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh. Ribuan penonton terpukau menyaksikan penampilan Rapai Geleng, salah satu kesenian tradisional Aceh yang berasal dari Manggeng, Aceh Barat Daya (Abdya).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Penampilan Rapai Geleng ini merupakan salah satu rangkaian acara di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII yang digelar selama sembilan hari, mulai 4-12 November 2023. PKA adalah ajang bergengsi yang digelar empat tahun sekali dan menampilkan berbagai macam ragam kesenian, sejarah, budaya dan adat istiadat Aceh dari 23 kabupaten/kota se-Aceh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Salah satu sanggar yang tampil memukau di panggung utama PKA adalah Sanggar Rapai Rincong Meubisa yang bernaung di Banda Aceh. Sanggar ini beranggotakan para mahasiswa asal Abdya yang sedang menempuh pendidikan di ibu kota Aceh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Warga Blang Kolak 1 Takengon Meriahkan Malam Idul Fitri dengan Takbir Keliling dan Pawai Obor
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami ingin melestarikan kesenian Rapai Geleng yang turun-temurun berasal dari Manggeng Abdya. Kami juga ingin menunjukkan kreativitas kami dalam mengembangkan seni budaya Aceh di Banda Aceh,” kata Ronal Zia Ulhaq, ketua Sanggar Rapai Rincong Meubisa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Rapai Geleng adalah kesenian yang menggunakan alat musik rapai, yaitu rebana yang memiliki bentuk yang sedikit lebih tebal dan suara yang lebih besar sehingga terdengar lebih menggema. Para pemain rapai tidak hanya memukul rapai dengan tangan, tetapi juga diiringi dengan lagu dan gerakan lenggak lenggok seperti menggelengkan kepala hingga memutar badan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sanggar Rapai Rincong Meubisa ini adalah pentas seni milik putra-putri terbaik Abdya. Dan Alhamdulilah, malam ini kami bisa tampil di pentas bergengsi PKA ke-8,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pangdam IM Terima Kunjungan Kapok Sahli Bais TNI

Ronal mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana PKA ke 8 yang sudah mempercayakan sanggar mereka untuk menampilkan karya seni Rapai Geleng. Dan juga kepada penasehat serta senior-senior yang sudah memberikan dukungan dalam kesenian sehingga Sanggar Rapai Rincong Meubisa ini bisa tampil di event PKA ke-8.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Diketahui, selain Sanggar Rapai Rincong Meubisa, pada event PKA ke-8 ini juga melibatkan sebanyak 4.829 seniman dan budayawan Aceh, 117 peserta pameran, 23 BUMDes, 23 SMK, 72 pengrajin dan pedagang produk tradisional Aceh, serta 1.109 tenaga kreatif. [*]

Artikel Rapai Geleng, Kesenian Tradisional Aceh yang Menggema di PKA ke 8 pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi