Selasa, 30/04/2024 - 05:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Anak Sudah Dewasa, Tanggung Jawab Orang Tua Selesai?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Peran sebagai orang tua tidak berakhir ketika anak mencapai usia dewasa. Dan ini menggambarkan bagaimana para ibu juga masih berjuang untuk menyeimbangkan kebutuhan anak-anak mereka dengan kebutuhan mereka sendiri.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ketika seseorang mengumumkan kehamilan atau menyambut kelahiran bayi, sering kali orang yang sudah berpengalaman memberi tahu mereka bahwa dalam 18 tahun ke depan, hidup mereka akan berubah total.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Melansir Parents, Senin (20/11/2023), ini bisa disebut ‘komitmen 18 tahun’. Ya, membesarkan anak adalah pengalaman yang sangat berbeda dibandingkan menjadi orang tua bagi anak yang telah dewasa, terutama setelah anak itu memutuskan untuk mandiri seperti berkeluarga dan memiliki rumah sendiri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Itu berarti anak bukan lagi tanggung jawab orang tua sepenuhnya dan orang tua mulai mendapatkan kembali waktu dan kebebasan mereka saat mereka menjadi orang tua bagi anak yang telah dewasa. Namun, para orang tua tidak lantas berhenti menjadi orang tua.

ADVERTISEMENTS

Ibu dua orang anak yang juga merupakan jurnalis parenting, Zara Hanawalt, telah menjadi ibu selama lima tahun dan telah melihat betapa sulitnya mempertimbangkan perlunya mengutamakan anak dibandingkan menjaga diri sendiri, dan bagaimana keseimbangan tersebut berubah secara perlahan seiring berjalannya waktu. “Ini adalah pengalaman yang sering kita diskusikan, namun jarang ada orang yang melanjutkan percakapan tersebut untuk mengeksplorasi seperti apa sebenarnya keseimbangan seiring bertambahnya usia anak-anak,” ujar Hanawalt.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Lima Kombinasi Makanan yang Baik untuk Penyerapan Nutrisi

Ketika berbicara tentang peran sebagai orang tua, para orang tua sering kali memusatkan perhatian pada mereka yang berada jauh di dalam kesulitan, berjuang melawan amukan balita, terbangun di malam hari, dan menyuapi. Jarang sekali menyoroti bagaimana pengalaman itu berkembang, atau bagaimana tantangan berubah.

Tentu saja, tidak setiap orang dewasa cukup beruntung memiliki orang tua dalam hidup mereka, baik karena kehilangan atau keterasingan.  

Saat ini, ada banyak orang yang mengolok-olok, atau bahkan mempermalukan ibu-ibu yang sudah beranjak tua. ”Meskipun penting untuk mengeksplorasi dampak pilihan pengasuhan mereka terhadap generasi berikutnya, terkadang saya bertanya-tanya mengapa kita tidak memberikan kepedulian dan kasih sayang kepada generasi para ibu yang lebih tua,” kata Hanawalt.

Berita Lainnya:
Kalimat yang Sebaiknya tak Diucapkan Nenek dan Kakek kepada Cucu

Mungkin hal ini terjadi karena kita tidak lagi memandang mereka sebagai ibu ketika kita sudah dewasa. Kita tidak mampu mempertimbangkan semua tantangan yang mereka hadapi ketika mereka memasuki masa peran sebagai ibu, dan kita tidak melihat mereka sebagai korban dari sistem yang (masih) tidak melakukan apa pun untuk memprioritaskan anak-anak.

Kita tidak menyadari bahwa mereka membesarkan kita tanpa pengetahuan parenting, dukungan, atau bahkan akses digital yang memadai terhadap panduan dalam membesarkan anak. Kita tidak menyadari bahwa mereka mengatasi masalah-masalah besar seperti depresi pascapersalinan tanpa memiliki seseorang untuk diajak bicara atau mencari bantuan. “Menemukan batas antara meminta pertanggungjawaban mereka dan mengakui bahwa mereka, seperti semua ibu yang tidak sempurna dan pasti akan berbuat salah, sangatlah sulit,” ujar Hanawalt.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi