Selasa, 30/04/2024 - 01:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Respons Fahri Hamzah soal Partainya Alami Lonjakan Suara: Terus Salah Kami Apa?

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Partai Gelombang Rakyat Indonesia alias Partai Gelora menjadi sorotan selain Partai Solidaritas Indonesia atau PSI karena mengalami lonjakan suara dalam real count sementara KPU.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Terus, salah kami apa?” kata Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah lewat aplikasi perpesanan kepada Tempo, Ahad, 3 Maret 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia pun enggan menanggapi lebih lanjut soal lonjakan suara Partai Gelora. Menurut Fahri, lebih baik mengikuti jadwal yang ada untuk mengetahui hasil perolehan suara peserta Pemilu 2024.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan hasil Pemilihan Legislatif DPR dan DPD akan diumumkan paling lambat pada 20 Maret 2024. Sedangkan hasil Pileg DPRD Provinsi diumumkan paling lambat pada 10 Maret, dan hasil Pileg DPRD Kabupaten/Kota paling lambat pada 5 Maret 2024.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Menegangkan! Kronologi Dana Temukan Koper Berisi Mayat Wanita di Bekasi, Begini Kondisinya, Pas Buka...

“Semua lagi kerja amankan suara,” tutur Fahri Hamzah.Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal yang wajar.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut dia, perbedaan ini tidak hanya dialami PSI tapi juga partai-partai lain. Grace pun mengungkapkan berdasarkan hasil quick count Indikator, suara Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dan Partai Gelora juga memiliki perolehan suara lebih besar di rekapitulasi suara KPU, dibandingkan dengan hasil hitung cepat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi mengungkapkan Gelora menjadi slaah satu partai yang mengalami penambahan suara dalam data Sirekap KPU.

“Ternyata bukan hanya PSI, tapi juga Gelora yg mengalami penambahan suara tak wajar. Bagaimana sikap partai2 lain? Kayak adem-adem aja,” cuit Burhanuddin dalam akun X-nya @BurhanMuhtadi pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Berita Lainnya:
Wali Kota Tangerang: Harus Serius Rencanakan dan Jalankan Program

Namun, dia tak mengelaborasi lebih lanjut perihal dugaan penambahan suara tak wajar tersebut.

Tempo berupaya mengkonfirmasi soal ini kepada Burhanudin, namun pesan maupun panggilan telepon tidak dijawab hingga berita ini ditulis.

Berdasarkan data yang tersebar di media sosial X, perolehan suara Partai Gelora pada 1 Maret pukul 17.00 adalah 1.044.390.

Dua jam kemudian atau pukul 19.00, jumlahnya menjadi 1.059.577.Berdasarkan pantauan Tempo dalam real count KPU, Partai Gelora memperoleh 1.142.447 pada 3 Maret sekitar pukul 02.00 dini hari.

Pada hari yang sama pukul 13.00, perolehan suara bertambah menjadi 1.142.531.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi