Kamis, 02/05/2024 - 00:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pemudik Disarankan Hindari Berangkat Mudik Saat Waktu Ini, Kapan Saja?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Para pemudik disarankan menghindari berangkat pada waktu puncak atau peak serta memilih rute perjalanan yang off peak. Hal ini untuk menghindari kepadatan saat arus mudik lebaran 2024.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Informasi yang disampaikan adalah memilih waktu dan rute perjalanan. Itu waktunya jangan di peak. Kemudian juga rute perjalanannya sebaiknya pada saat rute yang off-peak,” ujar -Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Fitri Wiyanti dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Fitri juga menyarankan untuk menghindari perjalanan di waktu favorit, seperti setelah sahur atau berbuka puasa. Sebab, waktu-waktu ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong berangkat mudik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Biasanya waktu favorit itu abis sahur atau setelah berbuka puasa itu orang berbondong-bondong ingin mudik. Kemudian juga update informasi lalu lintas melalui channel service biasa Marga, Trafoy. Download karena informasi itu lebih cepat melalui Trafoy. Kemudian Twitter, Instagram, one call Center 1408 dulu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Selama Masa Mudik, Stasiun di Banten Ini Sediakan Layanan Medis Gratis

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Fitri juga mengimbau, para pemudik untuk disiplin berkendara, selalu mengikuti rambu dan arahan petugas di lapangan. Ia mencontohkan, pentingnya mengikuti ketentuan soal batas kecepatan selama arus mudik.

Jasa Marga juga menyarankan pemudik yang menggunakan jalan tol untuk mempersiapkan perbekalan yang cukup selama perjalanan mulai makanan, minuman, bahan bakar minyak (BBM) hingga obat-obatan. Meskipun terdapat rest area di sejumlah titik, tetapi jumlahnya tidak mencukupi untuk seluruh pemudik.

Termasuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) demi kelancaran saat masuk atau keluar tol saat arus mudik maupun balik lebaran.

“Kemudian ini yang sebenarnya kemarin yang cukup mengganggu kalau saldonya kurang. Maka tolong dicek saldo uang elektroniknya. Kemudian mengisi dengan saldo yang dipastikan dapat ditransaksikan di akses keluar, sehingga tidak menggangu pengemudi jalan yang ada di belakangnya,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Jasa Bungkus Koper di Bandara Mendulang Pendapatan Saat Musim Mudik Lebaran

Fitri pun mengimbau pemudik jalan tol untuk memastikan isi saldo e-toll cukup dan bisa digunakan saat arus mudik. Ia juga meminta pemudik melakukan isi saldo e-toll sejak dari keberangkatan dan menghindari pengisian di sekitar gerbang.

“Dianjurkan untuk menggunakan fasilitas top up kalau gak punya top up sendiri di handphone-nya, serta menghindari top up di gerbang,” ujarnya.

Selain itu, guna mendukung kelancaran mudik, Jasa Marga juga mengimbau pemudik jalan tol memastikan kecukupan pulsa demi mengantisipasi kejadian tidak terduga selama arus mudik.

“Takut-takut ada apa-apa di jalan. Telpon jasa marga 14.080, nah one call center ini adalah call center yang digunakan untuk seluruh jalan tol. Jadi khusus untuk mudik dan balik ini kami akan melayani seluruh ruas jalan tol di Indonesia,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi