Rabu, 01/05/2024 - 08:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Buah Manis Transformasi BUMN

ADVERTISEMENTS

Oleh : Muhammad Muchlas Rowi (Dosen Manajemen IBM Bekasi)

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Saat membuka even BNI Investor Daily Summit, di penghujung tahun 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap sebuah cara uniknya untuk mengetahui kondisi perekonomian nasional dan keuangan negara. Cara itu, menurut Jokowi, adalah dengan membaca senyum Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Presiden Jokowi, kalau bertemu Ibu SMI dalam keadaan tersenyum di pagi hari, maka kita sudah bisa tenang dan ikutan tersenyum. Karena senyum itu, kata dia, merupakan tanda bahwa ekonomi nasional dan keuangan negara sedang baik-baik saja.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Senyum di wajah Ibu SMI juga bisa bermakna setahun ke depan kita bisa menghela nafas dengan panjang. Karena itu artinya dia sudah menghitung endurance APBN kita bisa kuat hingga akhir periode kepemimpinan Pak Jokowi.

ADVERTISEMENTS

Tentu ada faktor determinan atau setidaknya kalimat positif yang bisa dibisikan ke telinga Ibu SMI supaya senyumnya bisa sumringah di pagi hari. Sehingga Ibu SMI bisa mengirim sinyal ke otak, merangsang daerah temporal kiri, kemudian membara ke permukaan wajah. Dimana dua otot, yang berdiri tegak digerakkan untuk beraksi. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Otot mayor zygomatik, yang berada di pipinya lantas menarik bibir ke atas. Sementara orbicalaris oculi yang mengelilingi rongga matanya menekan sudut luar menjadi bentuk kaki gagak.

Berita Lainnya:
Lepas Puluhan Ribu Pemudik, Erick: Bentuk Kepedulian BUMN untuk Masyarakat

Peristiwa itu tentu saja biasanya terjadi secara singkat. Kira-kira berlangsung dalam dua pertiga detik hingga empat detik. Para psikolog menyebutnya dengan “senyuman Duchenne”, dan sebagian besar menganggapnya sebagai satu-satunya indikator kenikmatan sejati.

Kinerja Moncer Himbara

Selain soal tren dan situasi perekonomian global, faktor determinan yang bisa membuat wajah Ibu SMI tersenyum adalah kabar dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Salah satunya soal kinerja perusahaan BUMN, beserta kontribusinya terhadap APBN.

Jika kita lihat setahun terakhir, maka kinerja bank-bank yang masuk dalam Himpunan Bank Negara [Himbara] lah yang berhasil memenuhi ekspektasi tersebut. Hal ini sebagaimana diungkap menteri BUMN erick Thohir pada kesempatan Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa [19/3/2024] kemarin.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, bank-bank Himbara memberikan setoran dividen yang melimpah, karena performa positif keuangan bank pelat merah tahun 2023. Rata-rata dividen bank kelompok Himbara [BRI, Mandiri, BNI, dan BTN] yang disetor ke negara selama periode pertama pemerintahan Jokowi (2014-2018) mencapai Rp14,96 triliun pertahun. Sedangkan rata-rata selama periode kedua (2019-2022), nilainya sebesar Rp26,39 triliun per tahun.

Terakhir di 2023, bank-bank Himbara berhasil meningkatkan setoran dividen mereka. Dimana dari total dividen sebesar Rp92,28 triliun yang disetor ke pemegang saham, Rp49,59 triliun di antaranya masuk ke kantong negara.

Berita Lainnya:
ASDP: Pemudik Patuh Bertiket Saat Arus Balik Capai 98,2 Persen

Jika dihitung sejak awal kepemimpinan Presiden Jokowi hingga kini (2015-2023), total dividen Himbara yang disetor ke negara nilainya 80 kali lipat dibanding total suntikan PMN ke Himbara pada periode yang sama.

Berdasarkan data dari Kemenkeu, akumulasi Dividen yang disetor bank-bank Himbara pada periode 2015-2023 adalah sebesar Rp200 triliun. Sementara PMN yang dikucurkan hanya  Rp2,5 triiun, yakni kepada BTN.

Bertepatan dengan momentum sebelum perayaan lebaran, setoran yang melimpah ini tentu saja bakal menjadi setoran amat membahagiakan, tak ubahnya seperti Tunjangan Hari Raya [THR] baik bagi pemerintah maupun investor. 

Selain itu, setoran jumbo ini bakal meningkatkan kepercayaan investor terhadap Himbara. Hal ini terlihat dari kenaikan harga saham Himbara di bursa efek. Dividen melimpah yang disetor Himbara mengerek Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat menyentuh rekor all time high (ATH), atau tertinggi sepanjang masa di level 7.373.

Transformasi BUMN

Cukup beralasan kenapa kinerja bank-bank Himbara bisa berbuah manis sampai pada titik ini. Karena sejak awal kepemimpinannya, Menteri BUMN Erick Thohir berusaha mengubah perusahaan-perusahaan BUMN menjadi semakin berdaya saing. Hal ini tak lain karena upaya transformasiyang diperjuangkannya.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi