Selasa, 30/04/2024 - 02:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Lampaui Nasional dan Aceh, Ekonomi Nagan Raya Melejit 7,57 Persen

ADVERTISEMENTS

HARIANACEH.co.id|Suka Makmue – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia tentang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh tahun 2023, menunjukkan bahwa Kabupaten Nagan Raya berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Aceh dengan angka 7,57 persen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, menyambut baik pencapaian tersebut dan mengatakan bahwa hal itu menunjukan keberhasilan upaya pembangunan ekonomi di daerah yang dicapai melalui kolaborasi antara pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sesuai penyampaian Kepala BPS Nagan Raya dalam acara Musrenbang beberapa hari yang lalu, di mana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nagan Raya tahun 2023 sebesar 7,57 persen berada di atas rata-rata nasional yang sebesar 5,05 persen dan juga di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh yang mencapai 4,23 persen,” ungkap Pj. Bupati Fitriany, Sabtu, (30/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pengguna Jalan Tol Sibanceh Meningkat Selama Libur Akhir Pekan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menambahkan bahwa sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nagan Raya adalah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang tumbuh impresif sebesar 16,24 persen, dan sektor ini yang berkontribusi terhadap PDRB Kabupaten Nagan Raya mencapai 48,68 persen.

ADVERTISEMENTS

Menurut Fitriany, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya akan terus bekerja keras untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, terutama dari sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebagai penyumbang utama PDRB.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Arah kebijakan pembangunan Nagan Raya sesuai RKPK di tahun 2025 yaitu meningkatkan nilai tambah melalui penyediaan infrastruktur dan hilirisasi sektor pertanian dan perikanan untuk memantapkan kemandirian ekonomi serta pengentasan kemiskinan,” ujar Fitriany.

Capaian Melebihi Target dan Tertinggi dalam Satu Dekade

Berita Lainnya:
Gelar RUPST, Cinema XXI Tebar Dividen Rp 666,75 Miliar Hingga Rombak Direksi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nagan Raya, Rahmattullah mengatakan bahwa angka pertumbuhan ekonomi sebesar 7,57 persen itu melebihi target yang ditetapkan sebesar 4,30 persen di tahun 2023.

Lebih lanjut Kepala Bappeda itu menjelaskan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nagan Raya di tahun 2023 adalah yang tertinggi dalam satu dekade terakhir, di mana dalam kurun waktu 2012-2022 rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 4,07 persen.

“Alhamdulillah, ini rebound yang sangat signifikan karena di tahun 2022 pertumbuhan ekonomi kita sempat di angka paling rendah 2,37 persen,” jelas Rahmattullah.

“Selain sektor pertanian yang tumbuh sangat baik, juga terdapat sektor industri pengolahan yang tumbuh sebesar 8,81 persen dan masih sangat potensial untuk terus berkembang dan meningkat, mengingat ketersediaan bahan baku di bidang perkebunan dan pertanian,” pungkas Rahmattullah.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi