Selasa, 30/04/2024 - 13:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ditagih Berulang Kali, Anies Akhirnya Bagikan Hasil Tes MBTI: Sesuai Perkiraan Tidak?

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Setiap manusia memiliki kepribadian yang unik dan berbeda-beda, bahkan pada orang yang kembar sekali pun.Dalam tes MBTI, kepribadian manusia dibagi ke dalam 16 kategori. Pengkategorian ini didasarkan pada urutan fungsi kognitif yang ada pada diri manusia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebagai informasi, MBTI adalah singkatan dari The Myers-Briggs Type Indicator. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MBTI merupakan sebuah instrumen untuk melakukan self-assesment atau tes kepribadian mandiri yang sederhana.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Assesment ini dilakukan untuk mengetahui cara seseorang dalam mengolah informasi, mengambil suatu keputusan, dan cara memandang sebuah masalah yang ada.

 

Menurut Carl Jung, manusia memiliki 4 fungsi pokok yaitu: intuisi, pengindra, perasa, dan berpikir, yang kemudian akan dicabangkan lagi menjadi 4 rentang: Introvert vs ekstrovert, Sensing vs Intuition, Thinking vs Feeling, dan Judging vs Perceiving. 

 

Tes MBTI bisa dilakukan oleh setiap orang untuk mengetahui kepribadian mandiri yang dimilikinya, tak terkecuali oleh Anies Baswedan.

 

Dalam unggahan akun X-nya (@aniesbaswedan), pada 2 April 2024, akhirnya membagikan hasil tes MBTInya kepada publik. 

Berita Lainnya:
Prabowo-Gibran Tiba di KPU, Siap Ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih

 

“Karena ditagih terus, akhirnya tes MBTI ini saya tuntaskan. Hasilnya: saya termasuk tipe ENFJ. Sesuai perkiraan tidak?” tulis Pak Anies pada unggah tersebut (2/4).

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, juga berpendapat mengenai MBTI ini yang menurutnya sebagai salah satu metode oversimplifikasi dalam mengenali diri kita masing-masing.

“Sebenarnya ada berapa tipe kepribadian di dunia ini? Ada sekitar 8 milyar tentu saja, karena tiap manusia itu unik. Tapi MBTI ini memang salah satu oversimplifikasi yg memudahkan kita lebih mengenali diri dan menavigasi hubungan dgn orang lain. Terima kasih buat yg sudah tanya tipe MBTI saya, jadi bikin saya dapat ilmu baru lagi,” sambungnya.

 

Di akhir captionnya ia menuliskan bahwa hasil tes MBTInya menjuru kepada kepribadian kubu Ravenclaw, salah satu asrama yang ada di serial Harry Potter yang terkenal dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, kreativitas, dan kebijaksanaan.

“Jadi sudah lunas ya. Dan maaf kalau narasi posting ini terlalu Ravenclaw. :),” pungkasnya.

Berita Lainnya:
Sesko TNI Siapkan Lulusan yang Adaptif Terhadap Teknologi

 

Berikut hasil lengkap tes MBTI yang dibagikan oleh Anies Baswedan kepada publik melalui unggahan di akun X pribadinya tersebut.

Hasil tes MBTInya menunjukkan ENFJ, dengan menonjolkan sifat-sifat seperti peduli, antusias, idealis, terorganisir, diplomatis, bertanggung jawab, komunikator yang terampil dan menghargai hubungan dengan orang-orang. 

 

Sebagai seorang ENFJ, Pak Anies memiliki rasa altruisme dan empati yang mendalam terhadap orang lain. ENFJ juga memiliki insting intuitif terhadap emosi orang lain, dan sering bertindak sebagai penunjuk arah emosional bagi orang-orang di sekitarnya. Seseorang yang memiliki karakter ini cenderung secara pribadi merasakan perasaan orang lain, dan merasa terdorong untuk bertindak ketika melihat orang-orang menderita.

 

Pada intinya, ENFJ adalah seorang kemanusiaan, dan merasa keprihatinan yang tulus terhadap penderitaan umat manusia secara keseluruhan.

 

Sepertinya tes MBTI yang dibagikan oleh Pak Anies Baswedan ini sangat mencerminkan selama ia berkecimpung di dunia pendidikan dan Politik. Hampir keseluruhan tes tersebut dimiliki oleh pribadi Anies Baswedan selama perjalanan hidupnya di dunia pendidikan dan politik. 

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi