Selasa, 30/04/2024 - 00:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Menlu Iran Resmikan Konsulat Baru di Suriah

ADVERTISEMENTS

Layanan darurat bekerja di gedung yang hancur akibat serangan udara di Damaskus, Suriah, Senin, 1 April 2024. Serangan udara Israel telah menghancurkan bagian konsuler kedutaan Iran di Damaskus, menewaskan atau melukai semua orang di dalamnya, kata media pemerintah Suriah pada Senin.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

TEHERAN — Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian meresmikan lokasi layanan konsulat Iran yang baru di Damaskus, Suriah. Gedung tersebut terletak di dekat kantor konsulat sebelumnya yang rata dengan tanah akibat serangan udara yang diyakini dilakukan Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Serangan tersebut juga membunuh tujuh perwira militer Iran termasuk dua komandan seniornya. Israel meningkatkan eskalasi dengan menyerang kepentingan Iran di Suriah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pemimpin Negara Barat Minta Israel tidak Balas Serangan Iran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

PBB dan Uni Eropa mengecam serangan ke bangunan diplomatik dan Iran bersumpah membalas serangan tersebut. Dikutip dari Middle East Monitor, Senin (8/4/2024) Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad menghadiri pembukaan gedung baru kantor konsulat Iran. Peresmian ini dilakukan saat Amirabdollahian sedang menggelar tur regional.

ADVERTISEMENTS

Mekdad dan Amirabdollahian menjenguk korban luka serangan itu yang masih dirawat di rumah sakit. Seorang anggota delegasi Iran mengatakan gedung konsulat yang baru milik kedutaan besar dan sebelumnya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan otomotif Iran-Suriah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Yordania dan AS Bahas Eskalasi di Kawasan

Dalam konferensi pers bersama, Mekdad mengatakan Suriah bersama dengan faksi “perlawanan” di kawasan, istilah Iran untuk sekutu-sekutunya di Timur Tengah yang menjadikan Israel sebagai musuh bersama. Namun ia tidak mengungkapkan apakah Suriah akan meresponnya secara langsung.

Amirabdollahian kembali menegaskan Israel akan “dihukum” karena menyerang gedung konsulat Iran namun tidak menjelaskan secara spesifik. Amirabdollahian mengakhiri kunjungannya ke Damaskus setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad.

Hingga saat ini, Teheran menghindari keterlibatan langsung dalam perang Gaza, dan mendukung serangan-serangan sekutunya terhadap target-target Israel dan Amerika Serikat.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi