Selasa, 30/04/2024 - 04:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Biden Mewanti-wanti Netanyahu, AS tak Mau Nimbrung Serang Balik Iran

ADVERTISEMENTS

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat menelepon Presiden AS Joe Biden setelah serangan Iran ke Israel pada Ahad (14/4/2024).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

WASHINGTON – Presiden AS Joe Biden mewanti-wanti Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, AS tak akan ambil bagian dalam serangan balik Israel terhadap Iran. Ini jika Israel memutuskan membalas serangan drone dan rudal Israel pada Sabtu tengah malam. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Perangan terbuka Iran-Israel mengancam kawasan jika keduanya terus bersitegang dan AS terlibat lebih dalam. Makanya, semua pihak meminta mereka yang terlibat dalam konflik menahan diri agar kawasan tak semakin bergejolak. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Media AS melaporkan, Ahad (14/4) dini hari, Biden telah menginformasikan kepada Netanyahu melalui sambungan telepon bahwa AS tak akan nimbrung dalam pembalasan terhadap Iran. Sejumlah pejabat Gedung Putih mengonfirmasi hal ini kepada Reuters. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Khamenei Kecam Israel dan Barat di Khotbah Sholat Id

Dalam konteks ini, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby menegaskan,’’AS akan terus membantu Israel membela diri tetapi tak menginginkan adanya perang.’’ Ia menyatakan hal ini kepada ABC dalam program “This Week”, Ahad. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dua menteri senior Israel memberikan sinyal pembalasan tak akan dalam waktu dekat dan Israel tak bertindak sendiri. ‘’Kami akan membangun koalisi kawasan dan memastikan waktunya,’’ kata Benny Gantz, salah satu menteri tersebut dalam rapat kabinet. 

Menhan Israel Yoav Gallant juga menyatakan pihaknya mempunyai kesempatan membentuk aliansi strategis melawan Iran. Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Bagheri mengingatkan respons Iran bakal lebih besar dibandingkan serangan Sabtu.

Berita Lainnya:
Menhan AS: Pasukan AS Sukses Bantu Israel Halau Rudal Iran

Ia mengancam pangkalan militer AS akan menjadi target serangan jika mereka membantu Israel melakukan serangan balasan. Menlu Iran Hossein Amirabdollahian mengungkapkan, Iran memberi tahu AS sebelum melakukan serangan terhadap Israel. 

‘’Pada Ahad dini hari dalam sebuah pesan ke Gedung Putih, kami mengumumkan bahwa operasi kami bersifat terbatas dan minimalis. Ini bagian dari pertahanan serta menghukum rezim Israel,’’ kata Amirabdollahian.

Ia menambahkan, serangan terbatas Iran tak menargetkan area sipil atau ekonomi. ‘’Dalam respons kami, kami memastikan tak menyasar target sipil. Pasukan kami tak menargetkan area berpenduduk atau ekonomi,’’ katanya. 

Amirabdollahian menekankan, serangan ini langkah sah untuk menghukum Israel. ‘’Kami tak menyerang warga individu Amerika atau pangkalan militer AS di kawasan,’’jelasnya. 

Sambutan hangat dari warga Gaza….

sumber : AP/Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi