Sabtu, 20/04/2024 - 06:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pemkab Aceh Besar dan USK Siap Bersinergi Cegah Stunting

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (USK) dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sepakat untuk bersinergi dalam upaya pencegahan stunting.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Komitmen ini disampaikan kedua pimpinan instansi tersebut dalam kunjungan silaturahmi Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Ruang Kerja Rektor USK, Banda Aceh, Senin (15/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada kesempatan tersebut, pihak Dinas Kesehatan Aceh Besar menjelaskan bahwa saat ini pengentasan stunting di Aceh Besar telah menjadi permasalahan yang cukup serius. Mengingatnya data stunting di kabupaten tersebut tergolong tinggi yaitu mencapai 32 persen.

ADVERTISEMENTS

Selanjutnya, ada beberapa kendala yang kerap dihadapi Tim Kesehatan Aceh Besar dalam pengentasan stunting ini. Di antaranya, tidak semua orang tua bersedia membawa anaknya ke Posyandu, sehingga mereka harus memeriksa dan mengukur kesehatan bayi langsung ke rumah. Selain itu, beberapa kasus stunting ini harus ditangani secara spesifik dengan pakar gizi.

Berita Lainnya:
Operasional Lifting Sulfur di Pelabuhan Kuala Langsa Sudah Sesuai SOP

Karena itulah, dalam kunjungan ini Iswanto berharap USK dapat menjalin kerja sama dengan Pemkab Aceh Besar untuk mengatasi masalah stunting ini. Sebab dirinya mengakui, USK memiliki sumber daya manusia atau para ahli yang berkompeten sehingga dapat berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Aceh Besar.

“Kami harap,  ada banyak hal yang bisa kita lakukan secara bersama untuk mengatasi stunting ini. Bersama USK, tentu masalah ini dapat lebih mudah kita atasi,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, Rektor USK menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas komitmen Pemkab Aceh Besar untuk mengatasi stunting ini.

Rektor mengungkapkan, selama ini USK telah berperan aktif dalam mengentaskan masalah stunting di Aceh. Di mana saat ini USK telah membentuk Tim Percepatan dan Penanggulangan Stunting, yang merupakan kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan BKKBN untuk memberikan edukasi, advokasi dan strategi kepada stakeholder daerah lokus stunting.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Besuk Ulama Abu Ishak Lamkawe yang Dirawat di RSUDZA

Setidaknya sudah enam pemerintah kabupaten yang menunjukkan komitmennya untuk pencegahan stunting ini dengan menjalin kerja sama dengan USK, yaitu Pidie, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Subulussalam.

“Insyallah, USK siap untuk bersinergi dengan Aceh Besar. Karena stunting ini telah menjadi perhatian serius USK selama ini,” ucap Rektor.

Dalam kunjungan ini turut hadir Wakil Rektor I Profesor Agussabti, Wakil Rektor III Profesor Mustanir, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kepala Rumah Sakit Pendidikan USK, Tim Inti Pengentasan Stunting USK, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Aceh Besar. [ADV]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi