Sabtu, 20/04/2024 - 06:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Doa Bersama untuk Abu Tumin Dilaksanakan Pra Pembukaan Festival Saman

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH- Pembukaan Festival Saman 2022 diawali dengan doa bersama untuk Almarhum ulama karismatik Aceh, Teungku Muhammad Amin Mahmud Syah atau akrab disapa Abu Tumin Blang Bladeh yang dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 27 September 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Diketahui, beliau wafat pada pukul 15.45 WIB pada usia yang 90 tahun di Rumah Sakit Fauziah Bireuen, Aceh. Abu Tumin merupakan salah satu ulama paling berpengaruh di Aceh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Beliau sering kali dimintai pendapat oleh pemerintah Aceh terkait hal-hal yang berhubungan dengan pemerintah dan agama. Setiap pendapat yang dikeluarkan Abu Tumin tidak pernah dibantah oleh ulama-ulama lainnya dan bahkan menjadi sebuah fatwa yang disepakati.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Hasil Rapat Dewan Perang Israel: Segera Serang Balik Iran! AS Tak Kuasa Bendung Perang Dunia III?

“Alhamdulillah, sebelum kegiatan festival Saman 2022 dimulai, seluruh peserta dan crew yang bekerja, bersama-sama melaksanakan yasinan untuk almarhum ulama Aceh, Abu Tumin dan ulama dari Qatar. Doa bersama dipimpin oleh komunitas masa,” kata Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Nurlaila Hamjah, Rabu (28/09/2022).

Nurlaila mengatakan pembukaan festival Saman 2022 direncanakan dibuka lebih awal, lalu panitia memutuskan mengundur kegiatan pembukaan karena Aceh sedang berkabung.

Berita Lainnya:
Besok KPU Serahkan Kesimpulan Perkara Sengketa Hasil Pilpres 2024 ke MK

“Pembukaan kegiatan Festival Saman diundur beberapa jam, kembali dilaksanakan setelah doa bersama dengan suasana lebih kondusif,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kolaborasi Tarian Saman yang menceritakan cikal bakal Tari Saman membuka perhelatan akbar Festival Saman 2022. Kegiatan ini berlangsung di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh dengan tema Sinergi Lintas Generasi dalam Merawat Tradisi.

“Untuk malam ini akan ditampilkan 15 tim tari saman yang berasal dari seluruh aceh. Bagi masyakarat yang ingin menyaksikan bisa langsung datang ke Taman Seni dan Budaya Banda Aceh,” ujarnya.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi