IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

LPM Dinamika UIN SU Gelar Bedah Berita

LPM Dinamika UIN SU Gelar Bedah Berita

MEDAN – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN SU menyenggarakan kegiatan Bedah Berita secara daring via Google Meet. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap dua bulan sekali ini dilaksanakan pada Minggu (22/1/2023).

Kegiatan tersebut diisi oleh jurnalis Kantor Berita RMOL Aceh, Fakhrurrazi, yang juga alumni Dinamika. Kegiatan diskusi berlangsung santai dan berjalan lancar.

Razi mengatakan, sebuah berita yang baik harus mengandung nilai berita (news value) dengan tetap berpedoman pada 5W 1H dengan struktur piramida terbalik.

“Dalam menulis berita, jangan terbalik-balik menulis kutipan langsung,” kata Razi.

Ia menjelaskan, dalam beberapa momen liputan, jurnalis bisa langsung menulis berita awal yang menjelaskan kejadian tersebut, biasanya liputan-liputan yang bersifat insidental.

BACAAN LAIN:
Satu Tersangka Kepimilikan Sabu Diamankan di Pidie, Lainnya Masuk DPO

“Kita bisa membuat berita awal berdasarkan pengamatan langsung tanpa dari narasumber,” ujar dia.

Selain itu, Razi berharap, kegiatan bedah berita ini bisa terus berlanjut. Selain positif, kegiatan ini juga bisa mengevaluasi tulisan-tulisan kru LPM Dinamika yang selama ini dirasa masih kurang.

“Sebagai pers mahasiswa diharapkan dapat membaca berita minimal tiga berita dalam sehari dan jangan lupa untuk terus update berita,” sebut bekas redaktur foto LPM Dinamika ini.

BACAAN LAIN:
Polisi Tangkap Seorang Pengedar Sabu di Pidie

Sementara itu, Pemimpin Redaksi LPM Dinamika, Deddy Irawan, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Divisi Redaksi pada periode ini.

“Bedah Berita ini merupakan salah satu program kerja Divisi Redaksi yang tujuannya ialah untuk membedah dan mengevaluasi tulisan berita kru Dinamika,” ungkap Deddy.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi (Ikom) UIN SU itu berharap semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk kru Dinamika.

“Saya berharap dari kegiatan Bedah Berita ini melahirkan kru Dinamika yang mampu membuat berita kritis. Semoga juga Bedah Berita yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk kru Dinamika,” pungkas Deddy.[]

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
LPM Dinamika UIN SU Gelar Bedah Berita
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!