Senin, 06/05/2024 - 02:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Presiden Komisi Eropa Berjanji Bantu Angkat Beban Imigran Ilegal di Italia

ADVERTISEMENTS

 LAMPEDUSA — Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengunjungi pulau Lampedusa di Italia. Pulau itu sedang berjuang menghadapi lonjakan kedatangan migran.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dalam kunjungan tersebut von der Leyen menjanjikan rencana aksi Uni Eropa sebanyak 10 poin untuk membantu Italia mengatasi situasi tersebut. Sepanjang tahun ini hampir 126.000 migran tiba di Italia, hampir dua kali lipat dari periode yang sama di tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Baru-baru ini terjadi peningkatan tajam kedatangan imigran ke pulau kecil Lampedusa. Pekan ini terdapat lebih dari 7.000 orang yang tiba dengan perahu, lebih banyak dari populasi permanen pulau itu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Von der Leyen ditemani Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni. Mobil yang membawa mereka ke pusat penerimaan migran Lampedusa sempat diblokir penduduk setempat yang memprotes beban yang dihadapi pulau tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami sedang mengupayakannya, kami melakukan yang terbaik,” kata Meloni kepada para pengunjuk rasa, Ahad (18/9/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dubes Rusia: Larangan Perdagangan Logam oleh AS Sangat Politis

Setelah kunjungannya ke pusat penerimaan imigran, von der Leyen yang diperkirakan akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua saat mandatnya berakhir tahun depan, menetapkan 10 poin “rencana aksi” untuk mengurangi tekanan terhadap Italia. Negara itu menerima banyak imigran yang tiba dari pantai-pantai Afrika Utara dengan perahu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Migrasi tidak teratur adalah tantangan Eropa dan membutuhkan respon Eropa, kita bersama-sama, anda dapat mengandalkan Uni Eropa,” katanya dalam konferensi pers bersama dengan Meloni.

Rencana tersebut termasuk menggunakan badan perbatasan eksternal Uni Eropa, Frontex, untuk mengidentifikasi para migran yang tiba di Italia dan memulangkan mereka yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan suaka.

Von der Leyen menambahkan Frontex juga akan meningkatkan pengawasan laut dan udara terhadap kapal-kapal migran dan membantu menindak para penyelundup manusia. Ia menambahkan ia telah berbicara dengan beberapa pemimpin Uni Eropa tentang rencana tersebut dan yakin akan mendapat dukungan mereka.

Ia berjanji untuk mempercepat pasokan peralatan untuk penjaga pantai Tunisia, yang saat ini merupakan titik keberangkatan utama bagi para migran yang datang dari laut. Ia juga berjanji mempercepat transfer dana ke Tunisia sesuai kesepakatan yang dicapai pada bulan Juli lalu untuk mengatasi lonjakan imigran ke Eropa.

Berita Lainnya:
Terungkap Proposal Gencatan Senjata Israel yang Ditolak Hamas

Von der Leyen berjanji untuk meningkatkan akses jalur legal bagi para migran, dengan mengatakan “semakin baik kita menangani migrasi legal, semakin ketat kita menangani migrasi ilegal,” katanya seraya berkomitmen untuk terus memerangi para penyelundup manusia.

Lonjakan kedatangan migran merupakan tantangan politik bagi Meloni, yang mulai menjabat pada bulan Oktober tahun lalu. Ia menjadikan pemberantasan imigrasi ilegal sebagai landasan untuk meraih kekuasaan.

Pada akhir pekan lalu ia kembali menegaskan pendekatan yang tepat adalah mencegah orang pergi ke Eropa. Bukan mendistribusikan kembali migran di seluruh blok tersebut.

Pada Senin (18/9/2023) kabinetnya menggelar rapat untuk menyetujui langkah-langkah tegas, termasuk membangun pusat-pusat penahanan dan pemulangan baru dan memperpanjang waktu maksimum para migran dapat ditahan. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi