Rabu, 01/05/2024 - 12:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Siapa Hizbullah dan Kenapa Bisa Terlibat dalam Perang Israel-Hamas?

ADVERTISEMENTS

GAZA – Pertempuran mematikan di perbatasan utara Israel dengan Lebanon telah meningkatkan prospek konflik yang lebih luas di Timur Tengah. Kelompok bersenjata Hizbullah menembakkan artileri dan roket sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Israel menggempur Jalur Gaza dengan serangan udara setelah serangan mengejutkan oleh kelompok perjuangan Palestina, Hamas. Sejak gempuran Israel muncul ketakutan akan ada front lain di utara seiring meningkatnya baku tembak antara Israel dan pejuang Hizbullah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada Senin (9/10/2023) kelompok Hizbullah yang didukung Iran, menembakkan rentetan roket setelah tiga anggotanya tewas dalam pemboman Israel. Berikut adalah hal-hal yang ketahui tentang Hizbullah, dilansir Aljazirah, Selasa (10/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Apa itu Hizbullah?

Hizbullah, yang berarti “Partai Tuhan”, adalah kelompok bersenjata dan politik Syiah yang didukung Iran. Hizbullah dibentuk pada 1982 untuk melawan pendudukan Israel di Lebanon selatan.

ADVERTISEMENTS

Kelompok ini muncul dari kelompok bersenjata yang dibentuk oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran setelah invasi Israel ke Lebanon pada 1982. Kelompok Hizbullah yang mendapat dukungan dari kalangan Muslim Syiah, adalah salah satu musuh terbesar Israel di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada 2021 Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah mengklaim, Hizbullah memiliki 100.000 pejuang.  Kelompok ini membanggakan roket yang presisi dan dapat menyerang seluruh wilayah Israel.

Berita Lainnya:
Menlu Iran Resmikan Konsulat Baru di Suriah

Amerika Serikat (AS) memperkirakan Iran telah mengalokasikan ratusan juta dolar setiap tahunnya kepada Hizbullah dalam beberapa tahun terakhir. Hizbullah telah dipimpin oleh Nasrallah sejak 1992.

Hizbullah adalah salah satu blok politik paling berpengaruh dalam sistem politik sektarian Lebanon, dan mendapat dukungan dari sebagian besar penduduk Syiah.  Kelompok ini sering dijuluki sebagai “negara di dalam negara” karena jaringan politik dan militernya yang luas dan didirikan di negara yang terbagi berdasarkan sektarian.

Mengapa Hizbullah dibentuk dan apa tujuannya?

Pejuang Hizbullah melakukan kampanye berkelanjutan melawan pasukan Israel di Lebanon dan melancarkan serangan terhadap warga sipil Israel di negara lain.

Pasukan Israel menarik diri secara sepihak dari Lebanon selatan pada tahun 2000 setelah hampir 20 tahun pertempuran mematikan. Hal ini mendorong Hizbullah menyatakan diri sebagai tentara Arab pertama yang memaksa Israel menyerahkan kendali atas wilayah tersebut.

Israel terus menduduki Dataran Tinggi Golan di Suriah dan wilayah Palestina yang direbutnya dalam Perang tahun 1967.  Hamas telah berjuang melawan pendudukan Israel dan perluasan pemukiman ilegal di tanah Palestina.

Setelah dibentuk, Hizbullah merilis manifestonya. Kelompok ini menyoroti ideologi dan tujuan mereka, termasuk mengalahkan Israel dan mengusir entitas kolonial Barat dari Timur Tengah.

Berita Lainnya:
Kampus-kampus AS Ancam Skors Mahasiswa Pro Palestina

Apakah Hizbullah pernah bentrok dengan Israel sebelumnya?

Dalam serangan lintas batas pada Juli 2006, Hizbullah menangkap dua tentara Israel, yang diharapkan akan menghasilkan kesepakatan pertukaran tahanan. Israel merespons secara militer, sehingga terjadi perang 34 hari yang juga disebut Perang Juli.

Konflik tersebut berakhir dengan tidak meyakinkan, karena tidak ada pihak yang mampu menang secara militer. Namun konflik tersebut mengakibatkan terbunuhnya lebih dari 1.100 warga Lebanon dan 165 warga Israel.

Dalam beberapa kesempatan, Nasrallah mengatakan, perang tahun 2006 merupakan keberhasilan bagi Hizbullah. Dia mencatat bahwa Hizbullah mampu bertahan melawan kekuatan Israel yang lebih besar dan kuat.

Penyelidikan yang dilakukan pemerintah Israel menyimpulkan bahwa perang pada 2006 tidak berhasil dan merupakan “peluang yang terlewatkan”.

Apa perbedaan Hizbullah dengan Hamas?

Hizbullah dan Hamas adalah entitas yang terpisah tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu perlawanan bersenjata melawan Israel.

Hizbullah adalah organisasi Lebanon, sedangkan Hamas adalah kelompok Palestina yang dibentuk di Gaza pada 1987 setelah dimulainya Intifada pertama. Hamas secara politik menguasai Jalur Gaza setelah memenangkan pemilu pada 2006.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi