Rabu, 01/05/2024 - 23:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Keluarga Pasien ICU Bisa Bantu Hindari Risiko Resisten Antibiotik, Begini Caranya

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Anggota keluarga ada yang sedang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) di rumah sakit? Orang yang mendampingi pasien dapat melakukan beberapa hal agar menghindari risiko kebal antimikroba atau Resistensi Antimikroba (Antimicrobial Resistance/AMR).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“AMR adalah hal yang serius karena pada kondisi seperti itu akan mengganggu psikologis maupun finansial keluarga dan pasien, sehingga penting membuat konsolidasi bagaimana kita bersama-sama mencegah hal itu terjadi, apa yang harus kita lakukan,” kata dokter spesialis anestesi dan konsultan perawatan intensif Pratista Hendarjana pada gelar wicara daring, Rabu (29/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

AMR merupakan kondisi ketika bakteri, virus, jamur, dan parasit tidak lagi merespons obat-obatan antimikroba. Kuman biang penyakit menjadi kebal atau resisten terhadap antibiotik (salah satu jenis obat antimikroba), yang akhirnya menyebabkan pasien sulit disembuhkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Guru Besar UI: Penjualan dan Penggunaan Antibiotik Harus Terkontrol
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pratista menjelaskan, peningkatan pemahaman mengenai risiko terjadinya AMR dapat tercapai melalui komunikasi dua arah yang produktif antara tenaga kesehatan dengan pasien atau keluarganya. Ketika terdapat keluarga atau kerabat yang harus dirawat di ICU, sering kali keluarga pasien merasa bingung, takut, dan panik.

ADVERTISEMENTS

Akibatnya, mereka sangat mengandalkan petugas kesehatan untuk memberikan solusi. Padahal, komunikasi dua arah diperlukan agar kedua pihak memiliki tingkat pemahaman yang sama tentang kondisi pasien dan berorientasi pada peningkatan kualitas perawatan pasien, termasuk dengan meminimalkan risiko terjadinya AMR di ICU.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Sebenarnya, AMR bisa saja terjadi di luar rumah sakit atau ICU, tapi bila sudah sapai ICU berarti tingkatannya sudah parah, bisa jadi mengancam nyawa. Pasien atau keluarganya berhak untuk bertanya jenis antibiotik atau antimikroba yang diberikan, dan dokter berkewajiban untuk menjelaskan,” ujar Pratista.

Berita Lainnya:
Dadanya Seperti Tertusuk dan Sulit Bernapas, Pria Inggris Menyesal Kenal Vape

ICU merupakan salah satu tempat di mana pasien menerima antibiotik sebagai salah satu terapi utama untuk menyembuhkan infeksi. Pihak keluarga pasien perlu memahami secara utuh tentang diagnosis, tindakan medis, komplikasi, risiko, dan pilihan-pilihan tindakan, sebelum memberikan persetujuan.

Terutama terkait pemberian antibiotik, pihak pasien bisa bertanya lebih jauh mengenai alasan, jenis, dosis, lama penggunaan, manfaat, dan risiko terkait penggunaan antibiotik tersebut di ICU. Pratista menganjurkan agar keluarga pasien aktif bertanya dan konsultasi.

“Itu penting untuk menghindari kemungkinan alergi antibiotik, atau mungkin saja pasien ternyata kemungkinan resisten terhadap antibiotik tertentu, sehingga kami dapat dengan cepat mengganti pengobatan dan menangani lebih cepat,” kata Pratista.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi