Selasa, 21/05/2024 - 14:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bagi-bagi Bansos Jelang Pemilu, Usman Hamid: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan demi Gibran

BANDA ACEH – Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII) Usman Hamid menilai, Presiden Joko WIdodo (Jokowi) merendahkan jabatan kepresidenan demi anaknya Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai Cawapres pada Pilpres 2024.Usman mengatakan, kegiatan Jokowi yang akhir-akhir ini kerap turun ke daerah terutama di Jawa Tengah untuk membagikan bantuan sosial (Bansos) kepada rakyat merupakan bentuk penyalahgunaan sumber daya negara.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Harusnya sadar diri, pembagian bansos adalah urusan Kementerian Sosial bukan Presiden. Dia merendahkan jabatan kepresiden untuk kepentingan Gibran,” kata Usman, Kamis (1/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dia mengatakan, bansos  berasal dari uang rakyat dan ditujukan untuk rakyat, sehingga bukan milik partai Politik (parpol) atau perorangan.

Lebih lanjut, Usman menyebut bahwa saat ini cukup banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memantau jalannya pemilu seperti Perludem.

Berita Lainnya:
Menko PMK: Lulusan Vokasi Sangat Dibutuhkan Dunia Industri

Menurutnya, lembaga itu menunjukkan ada temuan awal kecurangan pemilu, sehingga berinisiatif untuk menjaga pemilu dan menjaga suara rakyat menjelang Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelumnya, Jokowi menyatakan,  menteri hingga presiden bisa memihak dan berkampanye sesuai UU Pemilu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Akhir-akhir ini menjelang pemilu, Jokowi sering berkegiatan di wilayah DI Yogayakarta dan Jawa Tengah. Dia berkunjung ke Jawa Tengah pada 22-23 Januari 2024 atau sepekan setelah Ganjar Pranowo berkeliling ke wilayah itu.

Melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024) untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.

ADVERTISEMENTS

Jokowi juga meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga, Jawa Tengah, untuk mengecek kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

ADVERTISEMENTS

Selanjutnya, berkunjung ke DI Yogyakarta pada Sabtu (27/1/2024) hingga Minggu (28/1/2024) dan sempat bermain sepak bola bersama anak-anak.

Berita Lainnya:
Refly: PHPU Pilpres Tak Akan Pernah Dikabulkan Bila Pakai Pendekatan 5 Hakim MK

Di sana, dia bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka naik sepeda dan sarapan  bersama.

Sehari kemudian, Jokowi berkunjung ke Magelang, Jateng, dalam rangka peresmian di Akademi Militer (Akmil),  didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi