Kamis, 02/05/2024 - 12:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mensesneg Pratikno Diduga Mendirikan Yayasan untuk Menampung Duit CSR dari Perusahaan dan BUMN

ADVERTISEMENTS

Cara Pratikno Menghimpun Dana CSR Perusahaan dan BUMN

 Laporan Utama Majalah TEMPO 28-1-2024

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Akun Instagram Pijar Foundation pada pertengahan Desember 2023 menampilkan foto wajah banyak pejabat hingga pebisnis dalam acara “The Futurist Summit 2023”. Presiden Joko WIdodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Chief Executive Officer GoTo Group Patrick Walujo, hingga Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu menjadi pembicara dalam konferensi berskala nasional itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo ikut berbicara dalam acara yang diikuti lebih dari seribu orang dari berbagai kalangan dan digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, tersebut. “Saya memang pernah diundang di beberapa acara Pijar,” kata Dito—panggilan Menteri Ario Bimo Nandito Ariotedjo—kepada Tempo di rumahnya di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Januari 2024.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Berdiri pada 2016, Pijar Foundation tak mencantumkan nama Pratikno di akta pendiriannya. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Enam kolega Pratikno, dua di antaranya mantan pejabat Istana, bercerita bahwa Pijar didirikan oleh Menteri Sekretaris Negara itu. Pijar memiliki dua kantor, yaitu di Gondokusuman, Yogyakarta; dan Kuningan, Jakarta Selatan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Di Pijar, Pratikno mengumpulkan anak muda dari berbagai profesi dan latar belakang untuk berjejaring dengan perusahaan-perusahaan besar. 

“Saya mendukung banyak inisiatif anak muda untuk mendorong inovasi dan menjadi penggerak pengembangan talenta-talenta hebat masa depan,” ujar Pratikno melalui jawaban tertulis kepada Tempo, 26 Januari 2024.

Berita Lainnya:
Pomal dan Brimob Bentrok di Sorong, Begini Tanggapan Kapuspen TNI

Situs resmi yayasan itu menyebutkan bahwa mereka berpartner dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan swasta besar, kampus, dan lembaga pemerintahan. Kementerian yang dipimpin Pratikno saat ini, Sekretariat Negara, salah satunya.

Dua mantan pejabat Istana dan petinggi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, yang mengetahui sepak terjang Pratikno di Pijar bercerita, yayasan ini menampung duit tanggung jawab sosial perusahaan alias corporate social responsibility (CSR). Menurut mereka, Pratikno bergerilya memobilisasi perusahaan BUMN dan swasta untuk memasukkan CSR-nya ke Pijar. 

Yayasan lantas menggunakan duit itu untuk mengadakan hajatan seperti “The Futurist Summit”. Acara itu disponsori sejumlah BUMN, seperti anggota Himpunan Bank Milik Negara. 

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo tak menanggapi pertanyaan tentang kerja sama perusahaan pelat merah dengan Pijar yang dilayangkan Tempo hingga Sabtu malam, 27 Januari 2024.

Dua orang dekat Pratikno yang mengetahui pembentukan Pijar mengatakan pengurus yayasan awalnya diisi oleh sejumlah pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Sekarang Pijar dikelola anak sulung Pratikno, Anisa Firdia Hanum, dan menantunya, Aldiego Makayasa. Aldiego tak merespons permintaan wawancara Tempo.

Pratikno enggan menanggapi lebih detail soal keterlibatannya di Pijar. “Silakan perdalam dengan pengurus Pijar Foundation,” kata bekas Rektor UGM itu.

Berita Lainnya:
Jokowi Akan Menjadi Kerdil di Koalisi Prabowo-Gibran

Sejumlah kolega Pratikno bercerita, pada 2021, ia menempatkan Arsjad Rasjid dan Wishnutama Kusubandio sebagai bagian dari dewan pengawas di Pijar. Keduanya dianggap dapat menjaring relasi pengusaha dari dalam dan luar negeri. Arsjad kini Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, sedangkan Wishnutama mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pijar Foundation juga membuka jasa sebagai konsultan. Di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, yayasan itu menata portofolio kampus yang didirikan pada 2017 tersebut. Kampus itu diinisiasi oleh Pengurus Wilayah NU dan Pratikno terlibat dalam pendiriannya.

Anggota Dewan Etik UNU Yogyakarta, Muhammad Mustafid, menuturkan, rektor pertama di kampusnya, yakni Purwo Santoso, dan Pratikno telah saling mengenal. “Pak Purwo dan Pak Pratikno satu departemen di Fisipol UGM,” kata Mustafid ketika ditemui di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, 22 Januari 2024. 

Empat narasumber yang mengetahui manuver Pratikno bercerita, di UNU, Menteri Sekretaris Negara itu berupaya agar duit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bisa masuk ke kas kampus untuk mendirikan gedung baru. Pada 2021, alokasi APBN untuk UNU mencapai Rp 198 miliar. Semula berdiri di Jalan Lowanu, Umbulharjo, kini UNU menempati tanah 7.478 meter persegi di Jalan Ringroad Barat, Sleman. Tanah itu milik Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi