Selasa, 30/04/2024 - 05:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Panglima Mengaku TNI akan Kirim Bantuan Lagi ke Gaza

ADVERTISEMENTS

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan arahan saat acara keberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan di Apron Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan payung udara orang dan payung udara barang sebanyak 900 buah ke Yordania guna menyalurkan bantuan yang telah terkumpul untuk Palestina melalui metode airdrop. Dengan menggunakan 1 unit Pesawat Hercules C-130 J TNI AU dan sebanyak 27 personel TNI dikerahkan dalam misi tersebut yang akan dilaksanakan selama 10 hari.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membuka peluang pengiriman bantuan lagi bagi warga Gaza, Palestina. Hal ini menyusul kesuksesan pengiriman bantuan dari Indonesia ke Gaza lewat metode air drop oleh TNI. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Agus berencana mendata lebih dulu kebutuhan warga Gaza sebelum mengirimkan bantuan berikutnya. “Rencana akan kita minta informasi kebutuhan masyarakat pengungsi disana apa, kita akan kumpulkan, dan kita akan kirim lagi,” kata Agus kepada wartawan di Jakarta pada Rabu (10/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mengapa Kemensos tak Bagi-Bagi Bansos? Ini Jawaban Menteri Risma
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Agus sempat mengungkap hambatan TNI ketika pemberian bantuan tersebut. Agus menyebut mulanya TNI mengajukan beberapa sortie atau penyebaran pengiriman satu unit militer untuk bantuan ke Palestina. 

ADVERTISEMENTS

“Kita diberi approve cuma beberapa sortie sehingga alhamdulillah barang yang kita bawa itu kita maksimalkan dalam satu Hercules. Jadi kami full-kan di satu pesawat itu, 20 koli (satuan barang bagasi dalam pengiriman),” ucap Agus.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Agus menjelaskan alasan bantuan Indonesia ke Palestina dikirim melalui udara karena memperhatikan faktor keamanan. Walau demikian, Agus akan mengupayakan supaya Indonesia memperoleh lebih banyak sortie.

“Alasannya karena disana masih rawan tapi kita terus laksanakan diplomasi agar kita bisa lakukan pengiriman bantuan lagi lewat air drop,” ujar Agus. 

Berita Lainnya:
Pengamat Nilai Anies akan Terkesan Mencari Peruntungan Jika Kembali Nyagub di Jakarta

Diketahui, TNI mengirim sebanyak 3.200 kilogram bantuan terdiri dari makanan dan obat-obatan pada Selasa, 9 April 2024 untuk warga Palestina. Bantuan itu terpecah atas 20 paket dengan berat masing-masing 160 kilogram. Pemberian bantuan tersebut digunakan dengan metode air drop memakai pesawat Hercules C-130 tipe Z.

Bantuan tersebut sukses dikirimkan atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat diplomasi Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dengan Raja Yordania Abdullah II pada 21 Maret 2024.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi