Kamis, 02/05/2024 - 00:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Gaya Hidup Sehat Dapat Hindarkan Perubahan Tubuh Akibat Menopause

ADVERTISEMENTS

Kebiasaan hidup sehat bisa dilakukan olahraga teratur dan konsumsi makanan bernutrisi

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA – Perkumpulan Menopause Indonesia (Perminesia) menganjurkan wanita untuk menjalankan kebiasaan hidup sehat sejak belia untuk menghindari perubahan tubuh akibat menopause.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Dapat dimulai sejak usia belia. Caranya sebenarnya sederhana, murah, tidak sulit, praktis, bahkan menguntungkan karena manfaatnya dirasakan jauh sampai kita tua,” kata Presiden Perminesia Tita Husnitawati dalam diskusi Virtual Press Conference World Menopause Day 2022: Cognition and Mood, Rabu (19/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Tita menjelaskan kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan dengan berolahraga teratur, mengonsumsi makanan bernutrisi sehat dan gizi seimbang, menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol, dan penyalahgunaan obat/ Selain itu gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan menghindari untuk hidup pada lingkungan yang tidak sehat, jauh dari polutan, kebisingan, dan permukiman padat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Push-Up Bisa Kencangkan Otot Bagian Atas, Berapa Kali Idealnya Dilakukan Saat Olahraga?


“Kondisi menopause menyebabkan gejala atau sindroma metabolik yang terdiri dari obesitas perut yang ditandai lingkar perut lebih dari 80 cm, tekanan darah meningkat, dan pemeriksaan laboratorium menunjukkan profil lemak abnormal dan gula darah meningkat. Hal ini terjadi karena konsumsi makanan berkalori tinggi, kebiasaan merokok, dan pertambahan usia,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Kendati demikian, Tita menegaskan menopause merupakan kejadian alamiah yang pasti dialami semua wanita. Perubahan hormon pada tubuh wanita menopause menyebabkan gejala-gejala yang dapat mengurangi kualitas hidup, sehingga semua wanita harus mengenal gejalanya dan siap menghadapinya sebagai proses alami yang patut disyukuri.


“Dengan hidup sehat, maka risiko kesehatan jiwa dan raga dapat kita hindari. Sehingga gejala atau perubahan tubuh akibat menopause muncul tanpa membebani kita,” tutur dia.


Terkait dengan olahraga, ia mengatakan olahraga yang tepat adalah olahraga aerobik, yakni olahraga yang membuat lancar atau tidak menghambat pertukaran udara. Jenis olahraga aerobik tersebut di antaranya berjalan kaki, lari, bersepeda, senam aerobik, dan berenang. Olahraga yang tepat dapat menjaga berat badan ideal, metabolisme tubuh berjalan normal, dan nafsu makan terkendali.

Berita Lainnya:
Usia 30 Tahun Sering Keluhkan Leher dan Pinggul Pegal? Awas Saraf Kejepit


“Sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30 menit, minimal empat kali seminggu, dengan jenis aktivitas yang disesuaikan dengan usia,” jelas Tita.


Lebih lanjut dokter spesialis kandungan subspesialis fertilitas ini menyampaikan bahwa pengobatan hormon untuk keluhan menopause bukan pengobatan utama untuk menopause, apalagi jika wanita tersebut memiliki sindroma metabolik. “Penelitian terkini pengobatan hormon relatif aman tidak dimasukkan ke mulut ya, tetapi ada yang diberikan topikal melalui kulit, selaput lendir atau vagina. Namun kalau perlu hormon yang dimakan, lifestyle-nya dong diperbaiki,” kata dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi