Selasa, 21/05/2024 - 08:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Peringati Hari Syahid Teuku Umar Ke-124 Tahun, Pj Bupati Pimpin Upacara di Komplek Makam

MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar upacara peringatan syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan Ke-124 tahun 2023 di komplek Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar, Desa Mugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu,  Aceh Barat, Sabtu (11/02/23).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Upacara puncak peringatan syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan tahun ini, dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi., dan diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda Aceh Barat serta pejabat daerah lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan, seperti malam renungan suci, napak tilas, serta pengajian dan doa bersama dalam rangka mengenang kembali perjuangan para syuhada yang telah gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

“Alhamdulilillah, upacara peringatan syahidnya Teuku Umar tahun ini berjalan dengan lancar dan penuh khidmat” Ucap Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi, usai memimpin upacara.

Mahdi mengatakan peringatan syahidnya Teuku Umar Johan Pahlawan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat setiap tahunnya untuk mengenang kembali perjuangan Teuku Umar bersama para syuhada lainnya yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lengkapi Koleksi Bernuansa Aceh, KITLV Universiti Leiden Sambangi USK Press

Sebagai generasi penerus Bangsa, lanjut Mahdi, jangan sampai kita melupakan sejarah perjuangan. Apalagi di tengah era modern saat ini, sangat penting untuk meneladani semangat perjuangan para pahlawan, sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurutnya, perjuangan panjang Teuku Umar yang dilakukan bersama seluruh rakyat, dengan mengorbankan jiwa raga serta tetesan darah dan air mata, merupakan sebuah cita-cita luhur untuk membebaskan kedaulatan tanah rencong dari genggaman para penjajah.

Untuk itu, nilai-nilai perjuangan ini harus dikenang sepanjang masa oleh seluruh generasi penerus Bangsa, dan menjadi contoh bagi generasi muda tentang pentingnya menanamkan serta mengamalkan semangat perjuangan dalam kehidupan ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Disamping itu, perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan terdahulu, harus bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun Aceh Barat serta mewujudkan cita-cita Bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

ADVERTISEMENTS

“Jadikanlah momentum ini sebagai inspirasi untuk meneladani semangat juang pahlawan dalam bingkai kebersamaan” pinta Mahdi.

Berita Lainnya:
Aceh Besar Raih Dua Juara Posyantek Lomba TTG 2024

Melalui semangat perjuangan yang di miliki oleh Teuku Umar, Mahdi mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk meneladani dan menjadi motivasi dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia ini, yaitu dengan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui peran dan tanggung jawabnya masing-masing pungkas Mahdi.

Usai pelaksanaan upacara, prosesi peringatan syahidnya Teuku Umar dilanjutkan dengan tabur bunga pada pusara pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan yang di awali oleh Pj Bupati Aceh Barat, lalu di ikuti oleh unsur pimpinan daerah serta para undangan lainnya.

Upacara peringatan syahidnya Teuku Umar Ke-124 tersebut turut dihadiri oleh Kasrem 012/Teuku Umar, unsur Forkopimda Aceh Barat, para asisten dan staf ahli, para Kepala SKPK, para camat, unsur TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.[]

Editor : Biro Meulaboh.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi