Sabtu, 20/04/2024 - 07:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

TPQ Al-Khairat Abdya Gelar Wisuda Santri dan Tausyiah Sambut Ramadan

ADVERTISEMENTS

BLANGPIDIE – Taman Pendidikan Quran (TPA) Al-Khairat gelar milad ke-30, wisuda santri hingga tausyiah dalam rangka menyambut Ramadan 1444 Hijriah. Kegiatan itu dipusatkan di Masjid At-Taqwa, Gampong As. Pinang, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya (Abdya).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam kesempatan itu, sebanyak 11 santriwan dan santriwati dinyatakan lulus dari TPQ Al-Khairat sekaligus diwisudakan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Baca juga: Jelang Ramadan, Harga Gas Melon Subsidi Masih Diatas HET

ADVERTISEMENTS

Pimpinan TPQ Al-Khairat, Wildanur, mengatakan kegiatan tersebut juga ikut didukung oleh ortom Muhammadiyah, yaitu Aisyiah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiah, Ikatan Remaja Masjid, dan Mahasiswa Muhammadiyah.

“Tahun ini kami mewisudakan sebanyak 11 santriwan dan santriwati, yaitu anak-anak kami yang dianggap telah berhasil menyelesaikan pendidikan qurannya dengan sangat baik,” kata Wildanur, Sabtu (18/3/2023).

Wildanur menyebutkan, kegiatan tahunan ini dibungkus dengan berbagai perlombaan, wisuda santri, dan tausyiah yang bertemakan persiapan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
TRIASTARA SMA Islam Plus Adzkia Medan dan DD Waspada Buka Bersama Anak Yatim

Baca juga: SMF23 Resmi Ditutup, Pj Walkot: Sukses Tingkatkan Ekonomi Warga Sabang

“Tausiyah disampaikan langsung oleh Ustadz H. Abrar Zym, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh sekaligus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Aceh,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tiga tahun ke kelakang acara ini terpaksa tidak terlaksana, mengingat keadaan yang tidak menguntungkan atau pandemi Covid-19.

“Sejak 2020 kami tidak bisa mewisudakan santri, juga tidak banyak membuat kegiatan lain karena kondisi tidak mengizinkan, yaitu pandemi,” ucapnya.

Wildanur, berharap kedepannya kegiatan tahunan ini terus berlanjut. sehingga kegiatan aneka lomba dan wisuda santri bisa digelar terus menerus.

“Semoga kegiatan selanjutnya lebih meriah lagi, dan tidak ada halangan dan kendala yang berarti,” kata dia.

Ketua Aisyiah Cabang Jeumpa, Nur Asmah, menyebutkan, setelah mengikuti aneka lomba untuk para santi selama seminggu terakhir, acara puncak malam tersebut berlangsung meriah.

“Alhamdulillah semarak, apalagi kali ini kita mengundang langsung unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, yaitu Bapak Abrar Zym, untuk memberikan pencerahan kepada warga pada umumnya, tentang persiapan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan,” kata Nur Asmah.

Berita Lainnya:
Suprianto Digadang-gadang Maju Pilkada Aceh Tamiang 2024

Nur Asmah yang juga ketua panitia pelaksana, mengatakan Adapun berbagai lomba yang ditampilkan yakni tahfidz quran, tilawah, pidato (bahasa Indonesia dan Inggris), cerdas cermat, shalat jenazah, shalat fardhu, dan lain-lain.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut juga banyak mendapat dukungan oleh masyarakat, perangkat gampong, para alumni, hingga wali santri.

Untuk diketahui, kegiatan mutlak digerakkan oleh ibu-ibu Aisyiah. Bahkan, dalam kegiatan belajar-mengajar, santri di TPQ diajarkan langsung oleh mereka, mulai dari ba’da Ashar hingga menjelang Maghrib.

Selain itu, santri yang belajar di TPQ Al-Khairat tidak dipungut biaya, juga tidak dibatasi asal tempat tinggal. Pihak pengajar lebih fokus kepada baca-tulis dan memberikan edukasi bahwa ilmu dunia dan akhirat itu sangat bermanfaat bagi masa depan.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi