Jumat, 26/04/2024 - 21:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Begini Perbedaan Pendidikan Prasekolah di Berbagai Negara

ADVERTISEMENTS

Aktivitas di kelas Waldorf Kelip Kelip Preschool di Shah Alam, pinggiran Kuala Lumpur, Malaysia, 23 Agustus 2019. Tiap negara punya pendekatan berbeda dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Sebelum anak belajar di sekolah dasar, ada aktivitas edukasi prasekolah, termasuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK). Tujuannya, supaya anak menjalani transisi yang lebih mudah dan lebih baik saat akan masuk sekolah dasar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Fase edukasi itu ada di hampir seluruh dunia, tetapi setiap negara punya pendekatan beragam. Kurikulum yang diterapkan dan format ruang kelas berbeda dari satu negara dengan negara lain. Berikut pendekatan pendidikan prasekolah di berbagai negara, dikutip dari laman Arte Viva, Rabu (29/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dituding Catut Dosen Malaysia, Prof Kumba Mengundurkan Diri Sebagai Dekan FEB Unas

1. Prancis

ADVERTISEMENTS

Anak-anak Prancis masuk TK pada usia tiga hingga lima tahun. Anak diajari membaca dan menulis, sekaligus memulai pelajaran angka. Namun, tujuan utama TK di Prancis adalah membantu anak bersosialisasi. Anak berpartisipasi dalam aktivitas seni, membuat kerajinan, terlibat permainan, dan menyanyi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

2. Cina

TK di Cina ditujukan untuk anak-anak di bawah usia enam tahun, memadukan pengasuhan anak dan pendidikan. Anak-anak belajar membaca dan menulis bahasa Mandarin, juga dikenalkan dengan angka dan matematika dasar.

Berita Lainnya:
Pj Heru Perintahkan Kadisdik Cabut KJP dan KJMU Pelaku Tawuran di Kemayoran

Menyanyi dan menari menjadi bagian penting dari kurikulum, yang membuat anak terbiasa tampil di depan umum. Begitu juga pendidikan jasmani dan aktivitas taman bermain.

3. Amerika Serikat

Di AS, TK adalah waktu bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris, matematika dasar, dan bersosialisasi untuk mempersiapkan diri masuk sekolah dasar. TK termasuk dalam sistem pendidikan umum sehingga orang tua tidak perlu membayar biaya, tapi untuk fasilitas edukasi prasekolah yang dijalankan secara pribadi, orang tua harus membayar.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi