Selasa, 30/04/2024 - 17:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Popularitas Hamas Melonjak di Tepi Barat Sejak Menyerang Israel pada 7 Oktober

ADVERTISEMENTS

 TEPI BARAT — Kelompok yang memerintah di Gaza Hamas telah mengalami lonjakan popularitas di kalangan warga Palestina sejak 7 Oktober, termasuk di wilayah pendudukan Tepi Barat. Tepi Barat dipimpin oleh Otoritas Palestina (PA) yang didukung internasional dan mendorong pembicaraan secara damai dengan Israel.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dukungan terhadap Hamas ini tecermin dari perayaan pembebasan tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel. Banyak di antara mereka yang mengibarkan bendera hijau Hamas dan meneriakkan slogan-slogan pro Hamas saat mereka memeluk para tahanan Palestina yang telah dibebaskan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Gambaran massa yang berjumlah besar, muda, dan vokal telah menimbulkan kekhawatiran bagi PA yang sedang berjuang untuk tetap relevan. Salah satu penduduk Tepi Barat Abdallah mengatakan, dia tumbuh besar dikelilingi oleh para pendukung Fatah, termasuk ayah dan pamannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, Fatah, faksi Palestina paling terkemuka dan tertua yang mendominasi PA dinilai telah kehilangan kompasnya. “Fatah dulunya percaya pada perlawanan dan pembebasan, tetapi hal itu sudah hilang dan yang dikhawatirkan para pemimpinnya hanyalah melindungi kepentingan mereka,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Warga Israel Protes Anggota Parlemen Malah Reses di Masa Perang

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Sejauh yang kami ketahui, Hamas adalah pemimpin rakyat Palestina,” ujar Abdallah dikutip dari Jerusalem News.

Peningkatan dramatis dukungan Palestina terhadap Hamas digambarkan sebagai konsekuensi yang tidak disengaja dari operasi militer Israel di Gaza. Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan adanya penurunan tajam dalam dukungan terhadap Presiden Palestina sekaligus pemimpin Fatah Mahmoud Abbas.

“Dia belum memenuhi janjinya. Dia melakukan perlawanan damai yang populer ini tanpa hasil. Sudah waktunya dia mengosongkan kursinya,” kata pekerja restoran Mohiyee Eid berusia 25 tahun.

Eid menyatakan, masyarakat melihat kepemimpinan PA tidak efektif dan melakukan segalanya untuk tetap berkuasa dengan cara apa pun. “Generasi saya kehilangan harapan terhadap solusi politik, dan kami menolak pendudukan tanpa akhir ini, dan Hamas serta faksi lain di Gaza punya jawabannya,” katanya.

Melalui kepemimpinan Abbas, PA dianggap sebagai entitas politik yang otoriter, korup, dan tidak demokratis. PA dinilai telah diperintah oleh sekelompok tokoh yang mementingkan diri sendiri.

Berita Lainnya:
WCK akan Kembali Beroperasi Seusai 7 Pekerjanya Dibunuh Zionis Israel

“Mereka telah bernegosiasi selamanya tanpa hasil apa pun. Lihat Hamas, lihat apa yang mereka lakukan dalam waktu singkat ini. Mereka memaksa Israel menerima pertukaran tahanan,” kata Amani yang merupakan ibu empat anak yang berada di pusat kota Ramallah yang menunggu kedatangan para tahanan Palestina yang dibebaskan pada akhir pekan.

“Saya bukan Hamas, tapi saya mendukung tindakan mereka. Masyarakat menginginkan hasil,” katanya.

Putaran kekerasan terakhir ini memberi tekanan pada Abbas dan partai Fatah yang dipimpinnya. “Abbas menghancurkan Fatah, dan lihat betapa populernya Hamas,” ujar Amani.

Hamas menang dalam pemilu parlemen Palestina terakhir yang diadakan pada 2006. Pemilu baru telah berulang kali ditunda sejak Hamas merebut kekuasaan dari Fatah di Gaza dalam perang saudara singkat pada 2007. 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi