Selasa, 30/04/2024 - 05:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Museum Uang Sumatera di Aceh Jaya Diresmikan

ADVERTISEMENTS

HARIANACEH.co.id|Calang – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat melakukan Launching Museum Uang Sumatera di areal Kantor Bupati, Kamis (21/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Museum ini nantinya terbuka untuk umum dan memamerkan warisan budaya berupa uang sumatra dan lingkungannya bertujuan untuk pengkajian, pendidikan serta sebagai tempat melayani masyarakat dan mengumpulkan, merawat, meneliti, mengkomunikasikan tentang uang tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami sebagai pelaksana teknis mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak hingga terlaksananya kegiatan launching ini” ujar Abubakar, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Jaya saat menyampaikan sambutan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Abubakar menjelaskan jika Museum Uang Sumatera sudah lama terbengkalai di Medan, Sumatera Utara, maka inisiator berkeinginan jika museum ini dikembangkan di Aceh Jaya agar nilai dan uang kuno yang ada bisa diselamatkan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Danrem 012 Kirim Pasukan Amankan Pulau Terluar di Simeulue

“Museum ini penuh dengan nilai historis yang besar dan nanti akan sangat berguna bagi masyarakat Aceh Jaya dan kami, dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentunya ada anak-anak, mereka akan melihat bahwa sejarah itu dimulai dengan mata uang” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Abubakar menargetkan jika museum tersebut sudah dibuka untuk umum pada akhir bulan Februari 2024 dan akan terus berkoodinasi dengan lintas sektor untuk keberlangsungan museum tersebut.

“Masyarakat itu berekonomi dimulai dengan mata uang. Jadi ini suatu hal yang sangat luar biasa. Nilai sejarah yang begitu besar yang perlu diketahui oleh masyarakat luas dan untuk dilestarikan hingga untuk generasi selanjutnya” ujarnya.

Kepala Museum Uang Sumatera, Wiene Surya Putra mengungkapkan, kehadiran pihaknya merupakan bagian dari pengembangan pendidikan dan edukasi dan menyelamatkan uang sumatera.

“Niat kami adalah sangat tulus tanpa ada maksud lain. Kami akan meletakkan di museum ini seluruh koleksi yang kami punya hanya untuk pengembangan pendidikan dan edukasi di Aceh Jaya. Kehadiran kami adalah sebagai penyelamat karena keberadaan uang kuno sangat liar dan perlu diselamatkan” tutupnya.

Berita Lainnya:
Kebakaran di Langsa: 43 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengungkapkan jika kehadiran Museum Uang Sumatera tersebut sebagai upaya dalam menjaga jejak sejarah dan sekaligus mendorong supaya orang mau berkunjung ke Aceh Jaya.

“Museum ini nantinya bukan hanya memajangkan uang Sumatra saja, namun akan dikolaborasikan dengan koleksi benda sejarah dan benda budaya Aceh Jaya sehingga para pengunjung pun nantinya akan semakin menarik dan mendapatkan informasi lebih di museum ini” ujar Pj Bupati.

Artikel Museum Uang Sumatera di Aceh Jaya Diresmikan pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi