Sabtu, 27/04/2024 - 07:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Rajut Persaudaraan Tiga Lembaga Pendidikan, IKA USK Gelar Silaturrahmi Darussalam

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Syiah Kuala (USK) mengadakan Silaturahmi Darussalam di Gedung Baru Fakultas Hukum USK, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Selasa (31/05/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kegiatan ini melibatkan tiga lembaga pendidikan yang berada di Kopelma Darussalam, di antaranya, USK, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIK) Tgk. Chik Pante Kulu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Tema yang diusung dalam Silaturahmi Darussalam, yaitu “Dengan ukhwah membangun Darussalam Menuju Kota Pelajar Mahasiswa Islami Maju dan Berakhlak Mulia, Darussalam Menuju Cita-cita.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ketua Panitia, M. Gaussyah dalam laporannya mengatakan kegiatan silaturahmi seyogyanya dilaksanakan di area parkir Mesjid Jamik Kopelma Darussalam, namun karena alasan cuaca di geser di Gedung baru FH USK.

ADVERTISEMENTS

“Kami mohon maaf karena harus menggeser tempat berhubung karena cuaca angin kencang, dari yang direncakan di pelataran parkir Mesjid Jamil kita geser di tempat ini di Fakultas Hukum USK.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ketua Umum IKA USK, Sulaiman Abda dalam sambutannya menyinggung sejarah Kopelma Darussam.

“Jika kita ingin kembali meneropong sejarah kelahiran Kota Pelajar dan Mahasiswa Darussalam, maka hal itu tidak terlepas dari musyawarah yang dilaksanakan Pada Tanggal 1 Februari 1958 di Aula Penguasa Perang Daerah Aceh (PEPERDA),” ungkap Sulaiman Abda.

Berita Lainnya:
Kapolda Aceh Pastikan Rekrutmen Anggota Polri Dilaksanakan secara Transparan

Anggota Tuha Peut Wali Nanggroe Aceh itu menuturkan, bahwa musyawarah itu dihadiri oleh Gubernur Aceh Prof. Ali. Hasjmy, Penguasa Perang Daerah Aceh Syamaun Ghaharu dan sejumlah tokoh Aceh lainnya.

“Pertemuan tersebut dapat dikatakan sebagai forum kolaborasi dalam membangun pendidikan Aceh di tengah situasi konflik yang masih melanda Aceh pada saat itu,” tutur Sulaiman Abda.

Sulaiman Abda berharap, Sulaturahmi Darussalam menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh IKA USK bersama-sama USK, UIN Ar-Raniry dan STIK Pante Kulu, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk merajut persaudaraan, kolaborasi dan kebersamaan dalam rangka mewujudkan pembangunan pendidikan di Aceh.

Ketua Yayasan Tgk. Chik Pante Kulu Fakrurrarzi Zamzami mengatakan, bahwa kemajuan STIK Tgk Chik Pante Kulu didukung oleh perusahaan swasta yang telah menyerap banyak tenaga kerja serta alumni dari STIK.

“Di dalam Yayasan Tgk Chik Pante Kulu terdiri dari Sekolah Tinggi Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan, sehingga hingg saat ini telah melahirkan ribuan alumni, namun karena kebijakan Pemerintah Aceh beberapa tahun lalu yang menutup akses terhadap Hak Penguasaan Hutan (HPH), hal ini justru mengganggu akses pembangunan dan kemajuan STIK. Seharussnya, untuk perusahaan yang secara manajemen bagus itu tidak perlu dicabut.” kata Fakrurrazi Zamzami.

Berita Lainnya:
Pemko Langsa Sampaikan LKPJ 2023

Fakrurrazi berharap, USK dan UIN Ar-Raniry sebagai “abang kandung” bisa mendorong kemajuan Yayasan Tgk Chik Pante Kulu, sehingga kehadiran lembaga pendidikan di Darussalam bisa berkolaborasi dengan yayasan Tgk. Chik Pante Kulu. Kata Fakrurrazi melanjutkan, kelak yayasan pendidikan yang ia pimpin bisa menjadi Universitas Islam Aceh.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum IKA USK atas inisiasi Silaturahmi Darussalam, dengan demikian ia mengharapkan hubungan ketiga lembaga pendidikan ini bisa bersinergi dalam penelitian dan pengembangan Yayasan Tgk Chik Pante Kulu serta membantu pembangunan pendidikan di Aceh.

Dalam sambutannya Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Warul Walidin Aceh mengalami perkembangan sejarah dari masa ke masa mencatat sejarah penting hiatorical heritage termasuk keberadaan Kopelma Darussalam. Dia juga mengutip makna sejarah yang diucapkan oleh Ibnu Khaldun, sejarah atau Fann al-tarikh dalam Muqadimah Ibn Khaldun.

“Saya mengutip apa yang dikatakan oleh Cicero, bahwa sejarah adalah cahaya kebenaran, saksi waktu, guru kehidupan atau lebih dikenal dengan kalimat historia magistra vitae yang artinya adalah sejarah guru kehidupan, san keberadaan Kopelma Darussalam adalah sejarah penting yang tidak dapat dipisahkan, kampus kita adalah kampus yang terintegrasi,” ucap Warul Walidin.

Dia menambahkan, Darussalam merupakan rumah bersama, jantung hate rakyat Aceh di bawah naungan rahmah.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi