Kukuhkan Forum Anak Kabupaten Aceh Barat, Ini Pesan Bupati

featured
Nyak Na, mewakili Bupati Aceh Barat, FOTO/ist
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

MEULABOH – Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS  diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab, Nyak Na SE. M. Dev. mengukuhkan pengurus Forum Anak Kabupaten Aceh Barat (FAKAT) masa bakti 2022-2024 sekaligus menutup jambore FAKAT tahun 2022, Senin (03/10/22).

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor DP3AKB Aceh Barat, dihadiri para Kepala SKPK terkait, Kepala Unicef Perwakilan Aceh, Polres Aceh Barat, TP PKK Kabupaten Aceh Barat, dan para pengurus FAKAT Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, menyampaikan pengukuhan pengurus forum anak ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi hak partisipasi anak, sehingga mereka dapat menyalurkan aspirasi serta dapat berpartisipasi secara langsung pada setiap program pembangunan yang berkaitan dengan kesejahteraan anak ujarnya.

Pemkab Aceh Barat sendiri, kata dia, selalu melibatkan forum anak dalam proses perencanaan pembangunan daerah sehingga pembangunan tidak hanya terfokus pada infrastruktur maupun sarana prasarana saja, namun juga memperhatikan kebutuhan anak tuturnya.

BACA JUGA:
Pemerintah Aceh Teken Kerja Sama Dengan Lemhannas RI

Ia berharap pengurus forum anak yang telah dilantik ini bisa menjadi agen pelopor dan pelapor (2P), agar upaya perlindungan terhadap anak khususnya di Kabupaten Aceh Barat dapat berjalan secara optimal.

Disamping itu, Nyak Na juga mengajak semua pihak agar saling bekerja sama dan berkomitmen dalam upaya peningkatan dan memberikan perlindungan pada anak, khususnya di Kabupaten Aceh Barat, karena anak-anak adalah harapan dan masa depan Bangsa imbuhnya.

“Selamat bertugas bagi pengurus FAKAT yang baru. Jadikanlah forum ini sebagai sarana informasi dan kolaborasi dalam upaya mengembangkan potensi anak-anak serta mewujudkan pemenuhan hak-hak dan kesejahteraan anak di Kabupaten Aceh Barat” tutup Nyak Na.

BACA JUGA:
Ketua IAEI Aceh Sebut Tiga Poin Penting Terkait Ekonomi Islam di Aceh, Apa Saja?

Sementara itu, Kepala Unicef Perwakilan Aceh, Andi Yoga Tama, mengapresiasi Pemkab Aceh Barat yang berkomitmen dan mendukung terselenggaranya tata kelola pemenuhan partisipasi hak-hak anak di Kabupaten Aceh Barat.

Hal tersebut dibuktikan dengan suksesnya pengembangan layanan yang terintegrasi melalui Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) yang di bentuk sejak tahun 2019 lalu di Kabupaten Aceh Barat, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan Kesejahteraan Sosial anak secara komprehensif dan integratif melalui pelibatan penyedia layanan lintas sektor, baik dari Pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tuturnya.

Kemudian, di tahun 2021, Pemkab Aceh Barat juga membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) untuk memperkuat upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui penyelenggaraan layanan yang cepat, akurat, komprehensif dan terintegrasi tutupnya.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Kukuhkan Forum Anak Kabupaten Aceh Barat, Ini Pesan Bupati
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!

Follow us