Jumat, 03/05/2024 - 05:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Prodi Fisika dan Prodi Matematika/Statistika FMIPA USK Terbaik di Indonesia

ADVERTISEMENTS

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Fisika dan Program Studi Matematika/Statistika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) masing-masing dinobatkan sebagai Prodi Fisika dan Prodi Matematika/Statistika terbaik di Indonesia. Kepastian ini diperoleh setelah lembaga pemeringkatan ternama dunia, Times Higher Education (THE) merilis data terbarunya dalam THE World University Ranking (THE WUR), yang merupakan pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia, pada Kamis (30/11).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

THE World University Ranking (THE WUR) adalah salah satu jenis pemeringkatan yang dilakukan oleh salah satu lembaga pemeringkatan ternama, Times Higher Education (THE). Pemeringkatan THE WUR by Subject menggunakan 18 indikator kinerja yang sama dengan yang digunakan dalam THE WUR 2024 dengan skor yang diberikan dalam lima kategori yaitu pengajaran (teaching), lingkungan penelitian (research environment), kualitas penelitian (research quality), industri (industry), dan prospek internasional (international outlook).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan, FMIPA USK, Dr.rer.nat. Ilham Maulana, S.Si mengaku bersyukur atas hasil ini. Sebab ini membuktikan posisi USK dengan prodi-prodi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Terkait Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024, Ini Tanggapan Guru Besar UMJ
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kita bersyukur sekali, sudah berada di posisi yang sejajar dengan prodi-prodi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. Ini selaras dengan visi USK untuk menjadi institusi yang terkemuka di Indonesia dan dikenal dunia. Tantangan berikutnya adalah mendongkrak posisi kita di level internasional,” Jelas Ilham.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

THE WUR 2024 by Subject diterapkan di berbagai negara di seluruh dunia. Untuk dapat berpartisipasi dalam pemeringkatan THE WUR by Subject perguruan tinggi harus memenuhi dua kriteria yakni ambang batas (threshold) publikasi berdasarkan disiplin ilmu dan ambang batas staf akademik yang juga berdasarkan disiplin ilmu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Prodi Fisika Terbaik

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Prodi Fisika FMIPA USK mengguli kampus-kampus di Pulau Jawa sebagai peringkat teratas Kampus dengan Jurusan Ilmu Fisika Terbaik di Indonesia THE WUR by Subject 2024. Prodi Fisika FMIPA USK menempati peringkat 601–800 di dunia. Sementara itu peringkat kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh Prodi Fisika Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Indonesia (UI). Sementara Prodi Fisika dari perguruan tinggi ternama lainnya seperti ITB, UGM, dan ITS masing-masing berada di posisi 8, 11, dan 18.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Rerata Lama Sekolah di Kabupaten Cirebon Hanya 7,6 Tahun

Prodi Matematika/Statistika Terbaik

Sementara itu Program Studi Matematika/Statistika FMIPA USK, yang sebenarnya merupakan dua program studi berbeda yaitu Prodi Matematika dan Prodi Statistika, juga berhasil mengungguli Prodi yang sama di seluruh Indonesia, dan juga menempati peringkat 601-800 dunia. Peringkat kedua dan ketiga juga ditempati oleh Unair dan UI. Sementara Prodi Fisika dari perguruan tinggi ternama lainnya seperti ITB dan UGM masing-masing berada di posisi 8 dan 11.

FMIPA USK saat ini merupakan salah satu fakultas terbesar di USK, dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 2.500 orang. Sebanyak 15 Prodi bernaung di bawah FMIPA USK saat ini, yaitu dua prodi diploma, tujuh prodi sarjana, lima prodi magister, dan satu prodi pendidikan profesi, di mana sebagian besarnya telah memiliki nilai akreditasi unggul atau A.

Artikel Prodi Fisika dan Prodi Matematika/Statistika FMIPA USK Terbaik di Indonesia pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi