Kamis, 25/04/2024 - 16:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Doktrin adalah Ajaran, Ini Pengertian Lengkapnya dalam Berbagai Bidang

ADVERTISEMENTS

DOKTRIN adalah istilah yang berkaitan dengan ajaran tertentu. Istilah doktrin sering terdengar jika muncul ajaran-ajaran yang terkait dengan agama dan kepercayaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Doktrin juga sering digunakan untuk memantapkan keyakinan seseorang terhadap satu hal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Doktrin adalah bagian dari penegasan suatu kebenaran. Doktrin adalah kata yang sering digunakan dalam konteks agama, hukum, politik, hingga militer. Doktrin adalah istilah untuk menegaskan apa yang biasanya benar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Doktrin adalah konsep yang dapat digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang telah diajarkan. Doktrin adalah hal yang mengacu pada ajaran atau prinsip tertentu. Tujuan doktrin adalah menunjukkan kebenaran terhadap suatu ajaran.

ADVERTISEMENTS

Berikut uraian dan penjelasan lengkap mengenai doktrin yang dirangkum HARIANACEH.co.id dari berbagai sumber, Senin (27/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Asal kata

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Ilustrasi guru mengajar. FOTO/pexels.com

Doktrin berasal dari bahasa Latin, doctrina yang berarti “pengajaran, instruksi”. Menurut Vocabulary, kata doktrin dan doktor berasal dari satu kata latin docere yang berarti mengajar. Doctor berarti guru, dan doctrina berarti mengajar.

Menurut KBBI, doktrin adalah ajaran tentang asas suatu aliran politik atau keagamaan. Doktrin juga berarti pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan secara bersistem, khususnya dalam penyusunan kebijakan negara.

Menurut Cambridge Dictonary, doktrin adalah sebuah keyakinan atau seperangkat keyakinan, khususnya politik atau agama yang diajarkan dan diterima oleh tertentu kelompok. Menurut Merriam Webster, doktrin adalah prinsip, posisi atau kumpulan prinsip dalam cabang pengetahuan atau sistem kepercayaan.

Pengertian doktrin

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Ilustrasi Pengertian doktrin. FOTO/pexels.com/pixabay

Secara umum, doktrin adalah sesuatu yang diajarkan. Doktrin adalah sebuah prinsip atau seperangkat prinsip-prinsip yang diikuti oleh kelompok tertentu atau dalam situasi tertentu. Doktrin dapat meliputi kodifikasi keyakinan atau kumpulan ajaran atau instruksi, prinsip atau posisi yang diajarkan.

Doktrin dijadikan esensi ajaran dalam cabang pengetahuan tertentu atau dalam sistem kepercayaan. Bisa diartikan, doktrin adalah ajaran yang bersifat mendorong sesuatu seperti memobilisasinya. Doktrin adalah pendapat atau pendirian ilmiah yangdisusun dan dikemukakan secara rasionaldan dapat meyakinkan orang lain.

Dalam kebijakan pemerintah, doktrin adalah pernyataan kebijakan dasar pemerintah khususnya dalam hubungan internasional. Dalam ilmu hukum, doktrin adalah prinsip hukum yang ditetapkan melalui keputusan masa lalu. Dalam militer, doktrin adalah prinsip militer atau serangkaian strategi.

Doktrin dalam agama

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. FOTO/Ben White on Unsplash

Dalam agama atau keyakinan doktrin adalah penjelasan dan versi resmi ajaran agama yang dapat diterima. Doktrin dalam teologi adalah istilah umum untuk komponen teoretis dari pengalaman religius. Ini menandakan proses mengkonseptualisasikan wawasan-wawasan dasar—seringkali pengalaman atau intuitif—dari iman komunitas agama untuk mendukung keyakinan yang dipahami secara rasional.

Doktrin agama adalah suatu ajaran yang didasarkan pada suatu agama tertentu dengan nilai dan norma yang ada di dalam agama tersebut. Doktrin agama cenderung dicirikan oleh tujuan praktisnya.

Menurut sosiolog Mervin Verbit, doktrin dapat dipahami sebagai salah satu komponen kunci dari religiusitas.Dia membagi doktrin ke dalam empat kategori: isi, frekuensi (sejauh mana doktrin itu dapat memenuhi pikiran seseorang), intensitas dan sentralitas. Masing-masing dapat bervariasi dari satu agama ke agama berikutnya, dalam tradisi agama itu.

Doktrin dalam hukum

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Ilustrasi hukum. FOTO/Pixabay

Dalam ilmu hukum, doktrin adalah aturan atau prinsip yang memiliki sejarah panjang dalam hukum sehingga para ahli hukum dan cendekiawan memberi mereka label “doktrin”. Doktrin dalam hukum adalah aturan penting tunggal atau seperangkat aturan yang diikuti secara luas di bidang hukum.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi