IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Doktrin adalah Ajaran, Ini Pengertian Lengkapnya dalam Berbagai Bidang

Ilustrasi Doktrin. FOTO/Kompasiana
Ilustrasi Doktrin. FOTO/Kompasiana
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

DOKTRIN adalah istilah yang berkaitan dengan ajaran tertentu. Istilah doktrin sering terdengar jika muncul ajaran-ajaran yang terkait dengan agama dan kepercayaan.

Doktrin juga sering digunakan untuk memantapkan keyakinan seseorang terhadap satu hal.

Doktrin adalah bagian dari penegasan suatu kebenaran. Doktrin adalah kata yang sering digunakan dalam konteks agama, hukum, politik, hingga militer. Doktrin adalah istilah untuk menegaskan apa yang biasanya benar.

Doktrin adalah konsep yang dapat digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang telah diajarkan. Doktrin adalah hal yang mengacu pada ajaran atau prinsip tertentu. Tujuan doktrin adalah menunjukkan kebenaran terhadap suatu ajaran.

Berikut uraian dan penjelasan lengkap mengenai doktrin yang dirangkum HARIANACEH.co.id dari berbagai sumber, Senin (27/7/2022).

Asal kata

Ilustrasi guru mengajar. FOTO/pexels.com
Ilustrasi guru mengajar. FOTO/pexels.com

Doktrin berasal dari bahasa Latin, doctrina yang berarti “pengajaran, instruksi”. Menurut Vocabulary, kata doktrin dan doktor berasal dari satu kata latin docere yang berarti mengajar. Doctor berarti guru, dan doctrina berarti mengajar.

Menurut KBBI, doktrin adalah ajaran tentang asas suatu aliran politik atau keagamaan. Doktrin juga berarti pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan secara bersistem, khususnya dalam penyusunan kebijakan negara.

Menurut Cambridge Dictonary, doktrin adalah sebuah keyakinan atau seperangkat keyakinan, khususnya politik atau agama yang diajarkan dan diterima oleh tertentu kelompok. Menurut Merriam Webster, doktrin adalah prinsip, posisi atau kumpulan prinsip dalam cabang pengetahuan atau sistem kepercayaan.

Pengertian doktrin

Ilustrasi Pengertian doktrin. FOTO/pexels.com/pixabay
Ilustrasi Pengertian doktrin. FOTO/pexels.com/pixabay

Secara umum, doktrin adalah sesuatu yang diajarkan. Doktrin adalah sebuah prinsip atau seperangkat prinsip-prinsip yang diikuti oleh kelompok tertentu atau dalam situasi tertentu. Doktrin dapat meliputi kodifikasi keyakinan atau kumpulan ajaran atau instruksi, prinsip atau posisi yang diajarkan.

Doktrin dijadikan esensi ajaran dalam cabang pengetahuan tertentu atau dalam sistem kepercayaan. Bisa diartikan, doktrin adalah ajaran yang bersifat mendorong sesuatu seperti memobilisasinya. Doktrin adalah pendapat atau pendirian ilmiah yangdisusun dan dikemukakan secara rasionaldan dapat meyakinkan orang lain.

Dalam kebijakan pemerintah, doktrin adalah pernyataan kebijakan dasar pemerintah khususnya dalam hubungan internasional. Dalam ilmu hukum, doktrin adalah prinsip hukum yang ditetapkan melalui keputusan masa lalu. Dalam militer, doktrin adalah prinsip militer atau serangkaian strategi.

Doktrin dalam agama

Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. FOTO/Ben White on Unsplash
Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. FOTO/Ben White on Unsplash

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Doktrin adalah Ajaran, Ini Pengertian Lengkapnya dalam Berbagai Bidang
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!