Sabtu, 18/05/2024 - 03:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

SMK-PP Negeri Saree Wakili Aceh pada Lomba Abdibakti Tani Kementan RI

JANTHO- Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Kabupaten Aceh Besar, menjadi salah satu peserta Ekspose Kualitas Pelayanan Publik (UKPP) berprestasi bidang pertanian tahun 2023 mewakili provinsi Aceh yang diadakan oleh Kementerian Pertanian RI.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ekspose penghargaan Abdibaktitani tahun 2023 ini dilaksanakan secara langsung di Auditorium Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) Bogor Jawa Barat pada 21-22 Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Drs Zulkifli MM diikuti oleh 37 UKPP Pertanian se-Indonesia yang telah lulus penilaian awal berupa dokumen penilaian yang telah dikirim pada Maret 2023 lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Kepala SMK-PP Saree, Muhammad Amin, Rabu (21/6) mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang kelima kalinya secara berurut diikuti oleh SMK-PP Negeri Saree yaitu 2013, 2017, 2019, 2021 dan 2023 ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Pada tahun 2013 SMK-PP Negeri Saree memperoleh penghargaan dalam bentuk plakat, tahun 2017 memperoleh trophy, pada tahun 2019 memperoleh piagam mempertahankan Trophy Abdibaktitani,” kata Amin.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dikatakannya, sementara tahun 2021 sekolah memperoleh plakat, diharapkan pada tahun 2023 ini semoga dapat merebut kembali Trophy Abdibaktitani.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Amin menjelaskan, tahun 2023 ini jika hasil penilaian dari tim penilai atau panelis ada peningkatan pelayanan publik di SMK-PP Negeri Saree, akan memperoleh lenghargaan Trophy Abdibaktitani.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Kunjungan Wisatawan ke Aceh Meningkat, Pemandu Dilatih Storytelling

“Penilaian Kualitas Pelayanan Publik UKPP berprestasi bidang pertanian atau sering disebut Abdibaktitani, pada tahun 2023 ini lebih difokuskan pada pengembangan dan pelaksanaan inovasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Kemudian pelayanan sesuai visi misi dan maklumat lembaga yang telah dibuat, pelaksanaan standar pelayanan yang telah ditetapkan, dan pengakuan manfaat UKPP oleh para pihak serta program pendukung Upaya Khusus Pajale, Siwab, dan Babe yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian RI.

ADVERTISEMENTS

Oleh sebab itu Kepala SMK-PP Negeri Saree, dalam presentasinya di depan tim penilai yang terdiri dari 4 orang dari keseluruhan 20 tim penilai yang kesemuanya berasal dari Kementerian Pertanian.

Selanjutnya, menyampaikan sejumlah pengakuan manfaat dari berbagai pihak dalam waktu 10 menit presentasi lalu dilanjutkan 10 menit sesi pendalaman.

Lalu kata Amin, dibuktikan dengan jumlah lembaga/instansi/masyarakat yang berkunjung terus meningkat dengan kepentingan yang beragam seperti, Field Trip dan belajar lapangan siswa dari TK hingga SMA serta mahasiswa, pelatihan pertanian.

“Pertandingan persahabatan antar SMK, PKB Guru, pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran online seperti Microsoft 365, google suite for Education meeupakan hal yang diniali,” sebutnya.

Berita Lainnya:
Dayah Darul Quran Aceh Gelar Pelepasan 115 Siswa SMP

Lebih lanjut Amin menuturkan, pengakuan juga terlihat dari jumlah Memorandum of Undestansing (MoU) yang telah dijalin dengan berbagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI)/lembaga, dalam tiga tahun terakhir.

“Kita telah menadatangani 40 buah MoU disertai implementasi di llapangan, seperti melaksanakan kelas industri, guru tamu, magang alumni, pelaksanaan PPDB secara online dan offline,” ungkapnya.

Kemudian menghasilkan produk turunan dari lemon seperti minyak wangi, lilin, pure lemon, sari lemon segar. Produk lemon ini merupakan kerjasama dengan Seameo Biotrop.

SMK-PP Negeri juga telah menghasilkan Decomposer MA-11 kerjasama dengan Bank Indonesia perwakilan Aceh. Sedangkan kelas industri, pihak sekolah berkolaborasi dengan PT. Golden Daru Utama dalam bidang Budidaya Ayam Arab Petelur.

“Dalam program magang alumni, kita bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilisasi Penduduk (Disnakermobduk) Aceh dengan menempatkan Alumni magang di PT. Kubota Indonesia di Semarang, PT. Golden Daru Utama, House Plants, Koperasi Panen Nilam Sejahtera, dan P4S Aceh Tani Lestari,” tutur Amin.

Selanjutnya, dalam hal inovasi pelayanan, dia menyampaikan bahwa ada banyak inovasi yang dilakukan fokus pada bidang kewirausahaan bagi siswa antara lain, Smart-Be, Seulawah Agro Technopark, aktif ikut Pasar Tani di Distambun Aceh, PWMP, SPW, dan pengembangan unit Produksi.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi