Kamis, 18/04/2024 - 20:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

JKN-KIS Bantu Teguh Nikmati Masa Tuanya Tanpa Khawatir Biaya Berobat

ADVERTISEMENTS

NAGAN RAYA – Manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan oleh Teguh Sampir (62). Ia merupakan salah satu peserta Program JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang berdomisili di Kecamatan Ujong Padang, Kabupaten Nagan Raya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pria yang telah terdaftar sejak tahun 2015 tersebut mengaku telah sering menggunakan Program JKN-KIS sebagai jaminan kesehatannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sejak pensiun dari tempat bekerja saya, saya lebih memilih berobat pakai JKN-KIS daripada menjadi pasien umum. Karena selain sangat membantu, administrasi yang ditawarkan juga tidak sulit,” ungkap Teguh mengawali ceritanya.

ADVERTISEMENTS

Teguh mengakui bahwa sejak menjadi pensiunan dirinya tidak merasa khawatir lagi apabila terserang penyakit, terutama jikalau mengharuskan dirinya untuk segera berobat.

Berita Lainnya:
Survei SKI: Angka Stunting Aceh Terus Menurun

“Di tahun 2021 saja, saya sudah beberapa kali menggunakan JKN-KIS untuk berobat. Pada bulan Agustus saya dirawat inap, bahkan di tahun yang sama itu saya juga beberapa kali melakukan rawat jalan,” jelasnya.

Teguh juga menceritakan pengalamannya menggunakan Program JKN-KIS untuk berjuang dalam melawan penyakit diabetes melitus yang dideritanya selama ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kata dokter, saya mengalami penurunan kadar insulin atau Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM). Jadi harus rutin kontrol ke rumah sakit serta melakukan pola hidup sehat. Alhamdulillah setelah rutin berobat kini kondisi saya mulai stabil,” ujar Teguh.

Teguh juga menambahkan jika dirinya saat ini tergabung kedalam kelompok Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis), yang kondisi kesehatannya langsung dipantau secara berkala oleh dokter penanggung jawab.

Berita Lainnya:
Gandeng Bank Aceh, TP PKK Sabang Salurkan Bansos untuk Anak Stunting

Sebagai informasi, Prolanis sendiri merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan melalui pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis.

Pada akhir perbincangan, Teguh mengungkapkan harapannya kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS. Dirinya berharap agar program tersebut dapat terus diselenggarakan dengan baik agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua orang.

“Alhamdulillah, sejak ada Program JKN-KIS banyak sekali masyarakat yang terbantu termasuk saya dan keluarga,” kata Teguh.[]

Editor : Biro Meulaboh

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi