Kamis, 25/04/2024 - 07:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

10 Jenis Makanan Ini Diyakini Bisa Perbaiki Kualitas Tidur

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Insomnia atau sulit tidur menjadi salah satu alasan orang – orang mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur tanpa resep dokter. Karena tanpa resep, berhujung dengan ketergantungan obat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Padahal banyak cara alami yang dapat membantu Anda tidur nyenyak. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang serotonin atau yang sering disebut sebagai “hormon bahagia” di dalam tubuh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Beberapa peran serotonin dalam tubuh manusia antara lain mengatur napsu makan, mengatur mood, menimbulkan rasa bahagia dan juga menjaga kualitas tidur.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selain serotonin, mengkonsumsi makanan yang merangsang melatonin juga dapat memperbaiki sirkulasi tidur Anda. Selain itu masih banyak lagi kandungan dalam makanan yang dapat membantu Anda tertidur lelap.

ADVERTISEMENTS

Berikut 10 daftar makanan, menurut rd.com dapat membantu memperbaiki kulitas tidur Anda:

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

1. Tuna

Tuna memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 dapat merangsang hormon melatonin dan serotonin. Meningkatnya melatonin dan serotonin dapat buat perasaan bahagia, tenang dan juga rasa kantuk. 

Berita Lainnya:
Sandra Dewi Jalani Operasi Ambeien, Adakah Kaitan Antara Stres dan Ambeien?

2. Kacang Kenari

Jenis kacang yang satu ini salah satu sumber terbaik tryptophan. Kandungan tersebut juga membantu terbentuknya melatonin dan serotonin. Makan kacang  kenari beberapa jam sebelum tidur dapat membantu tidur lebih lelap.

3. Selada

Memperbanyak porsi selada di menu makan malam dapat membantu Anda merasa kantuk. Pasalnya salad mengandung lactucarium yang memiliki efek serupa dengan opium, yang memberi efek tenang.

Salah satu cara untuk mendapatkan efek dari selada itu bisa merendam tiga sampai empat lembar selada dalam air panas selama 15 menit. Dinginkan dan tambahkan dengan dua tangkai daun mint. Minum beberapa saat sebelum tidur.

4. Ceri

Buah berwarna merah ini tenyata sumber terbaik untuk merangsang melatonin. Rajin minum jus ceri sebelum tidur dapat mengurangi keluhan insomnia. Hal tersebut sudah dibuktikan lewat penelitian di Universitas Pennsylvania dan Rochester.

5. Kale

Sayur berdaun hijau itu selalu kaya akan kalsium. Kandungan itu juga baik untuk merangsang melatonin yang dapat menimbulkan efek tenang dan mengantuk. Khasiat Kale ini sama baiknya dengan bayam. 

Berita Lainnya:
Tips Ketika Terjebak Gempa Saat di Dalam Mobil

6. kacang almond

Kacang jenis ini mengandung magnesium yang membantu memperbaiki kualitas tidur. Menurut buku Journal of Orthomolecular Medicine, tubuh yang kekurangan magnesium akan sulit tidur. 

7. Madu

Manis alami madu akan meningkatkan insulin dan membantu asupan tryptophan mudah memasuki otak yang dapat menenangkan tubuh dan menyebabkan rasa kantuk. Menurut Lindsey Duncan di DrOZ.com satu sendok madu sebelum dicampur dengan the chamomile dijamin membuat tidur nyenyak. 

8. Udang

Sumber baik tryptophan yang membantu Anda tidur lelap. Lobster juga memiliki efek serupa. Semakin besar udang yang dikonsumsi akan semakin membuat mudah tidur. 

9. Chamomile tea

Kandungan chamomile ternyata dapat meningkatkan glycine yang dapat merilekskan otot, meghilangkan kecemasan dan membantu tidur lebih lenyap. 

10. Salmon

Seperti tuna, ikan ini juga mengandung B6. Tambahan salmon dalam menu makan malam akan meningkatkan melatonin dan serotonin dapat mempercpat datangnya rasa ngantuk. 

Sumber: Tabloidbintang

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi