Kamis, 25/04/2024 - 15:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Mewakili Pj Bupati, Sekda Aceh Barat Buka Sosialisasi Etika Berpolitik Bagi Keuchik

ADVERTISEMENTS

MEULABOH – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Marhaban SE., M.Si., Selasa (24/01/2023), membuka kegiatan sosialisasi pendidikan dan peningkatan pemahaman etika dan budaya dalam berpolitik bagi unsur Keuchik (Kepala Desa), pengurus partai politik, masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kegiatan sosialisasi yang di inisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Barat tersebut dilaksanakan di aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Aceh Barat selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 24 s/d 26 Januari 2023, yang diikuti sebanyak 185 peserta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pada kegiatan itu, juga diberikan pendidikan politik kepada kandidat Caleg perempuan pada Pemilu tahun 2024 mendatang, serta dipadukan dengan dialog antara Pemerintah dengan masyarakat dan partai politik di Kabupaten Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam sambutannya, Sekda Aceh Barat, Marhaban, menyampaikan, sosialisasi ini merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan pemahaman politik dan berdemokrasi masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
BREAKING NEWS! Kebakaran Hebat Landa Meunasah Mayang Aceh Besar

Menurut Marhaban, proses tercapainya demokrasi yang baik, membutuhkan partisipasi politik yang otonom dari setiap Warga Negara Indonesia (WNI). Hal itu bisa terwujud jika warga negara memiliki kecakapan wawasan serta pengetahuan yang baik tentang politik dan berdemokrasi ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Untuk itu, kegiatan seperti ini sangat penting guna mendorong peningkatan pemahaman politik dan demokrasi masyarakat, khususnya terkait etika dan budaya politik, serta keterlibatan kaum perempuan, sehingga Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dapat berlangsung aman sekaligus terciptanya situasi kondusif di tengah masyarakat.

Marhaban berharap pemahaman dan informasi yang diperoleh dari kegiatan ini bisa disampaikan kembali kepada masyarakat di lingkungan masing-masing, sekaligus memberikan kesadaran dan motivasi kepada masyarakat Aceh Barat terhadap haknya untuk berpolitik, menentukan pilihannya serta mewujudkan pemilih yang cerdas dan berkualitas.

Ditambahkan, Pemerintah bersama seluruh elemen terkait terus berupaya menjalin sinergitas dan kolaborasi untuk menjaga stabilitas politik dan mengawal suksesnya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang disampaikan pada pembukaan rapat koordinasi Nasional kepala daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta tanggal 17 januari lalu.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Dampingi Irjen Kemendagri Tinjau Stadion Lhong Raya

Sementara itu, Plh. Kepala Badan Kesbangpol Aceh diwakili Kabid politik dalam negeri, Drs. Arsyi, M.Si, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Barat melalui Badan Kesbangpol Aceh Barat yang telah berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol Aceh dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik di Kabupaten Aceh Barat.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Aceh Barat untuk menggunakan hak dan kewajibannya dalam keikutsertaan pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Oleh sebab itu, diperlukan sinergitas dan kerjasama yang baik dari semua stakeholder termasuk masyarakat, guna menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut, mengingat waktu pelaksanaannya yang tidak lama lagi ucapnya.

Adapun narasumber yang memberikan materi pada sosialisasi pendidikan politik tersebut terdiri dari para akademisi di lingkup Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Bappeda Aceh, Polres Aceh Barat, KIP Aceh Barat, serta dari Badan Kesbangpol Aceh.[]

Editor : Biro Meulaboh.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi