Rabu, 24/04/2024 - 21:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Bakri Siddiq Isi Tausiah Tarawih Malam Pertama di Masjid Oman

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, mengisi tausiah sebelum pelaksanaan Salat Tarawih dan Witir malam pertama Ramadan 1444 H di Masjid Oman Al-Makmur, Gampong Bandar Baru (Lampriet), Rabu (22/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Baca juga: Bereh That! Desa Wisata Iboih dan Aneuk Laot Sabang Masuk 75 Besar ADWI

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Suasana malam Ramadan perdana di rumah ibadah bergaya arsitektektur Timur Tengah tersebut begitu kentara. Ribuan jamaah tampak membludak hingga ke teras masjid. Usai menunaikan Salat Isya secara berjamaah, pj wali kota lalu dipersilakan pengurus masjid untuk naik ke atas mimbar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kita bersyukur Allah mengijabah doa kita selama ini, ‘Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syakban, dan sampaikanlah (umur) kami kepada bulan Ramadan’,” ungkap Bakri membuka ceramah agama.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Itikaf Bersama Anak, Bagaimana Agar Khusyuk, Si Kecil Senang, Jamaah Lain tak Tergganggu?

“Kita bersyukur Allah memberi nikmat Ramadan, agar berkesempatan mengubah diri agar bertakwa, sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah Ayat 183 yang artinya: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa’,” ungkapnya lagi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Baca juga: Forkopimda Sabang Larang Jualan Makanan Hingga Sebelum Ashar

Selanjutnya, ia menyampaikan beberapa hikmah Ramadan yang dapat dipetik oleh seorang muslim. “Ada banyak sekali hikmah menjalankan puasa Ramadan. Salah satunya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Lalu untuk melatih kesabaran, karena bulan puasa juga dikenal dengan istilah bulan kesabaran.”

Berita Lainnya:
Musrenbang RPJPD Aceh Besar 2025-2045 Dibuka, Pj Bupati Iswanto Beri Apresiasi

Hikmah Ramadan yang lain adalah mengajarkan kerukunan dan kepedulian sesama dengan bersedekah. “Pada bulan penuh berkah ini, manusia akan berlomba-lomba untuk bersedekah bagi orang-orang yang membutuhkan seperti anak-anak yatim dan fakir miskin,” ujarnya.

Hikmah puasa berikutnya adalah pengampunan dosa dari Allah untuk hamba-Nya yang melaksanakan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh. “Penjelasan ini terdapat dalam hadis Nabi Muhammad SAW: ‘Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu’.”

Menutup tausiah, pj wali kota berpesan untuk bersama-sama menjadikan Ramadan sebagai momentum mencapai ketakwaan, “Serta itikad kuat membangun Kota Banda Aceh yang dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” katanya.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi