Rabu, 01/05/2024 - 04:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OPINI
OPINI

Manuver Politik Berlanjut, Menantu Jokowi Terikut

ADVERTISEMENTS

Penulis: Sutrisno Pangaribuan**

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

AKROBAT Politik gaya anak kecil, anak ingusan (istilah Panda Nababan) terus dipertontonkan anak dan menantu Presiden Joko WIdodo (Jokowi). Terbaru, para relawan menantu Jokowi, Bobby Afif Nasution (Banas), mengundurkan diri dari pengurus PDIP dan dari daftar calon sementara (DCS) PDIP di Medan dan Sumatera Utara. Mereka mundur dengan alasan tegak lurus kepada Jokowi, yang diklaim dukung pasangan Prabowo- Gibran. Mereka menilai Gibran sebagai representasi anak muda, dan wujud material  Jokowisme, paham baru partainya Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Loyalis Banas tersebut mengklaim dukungan Jokowi pada Pilpres 2024 pasti ke pasangan Prabowo-Gibran. Gibran putra sulung Jokowi dan adik iparnya Banas, diklaim sebagai pemimpin masa depan mewakili anak muda. Salah seorang anak buah Banas yang mundur adalah ketua panitia rembuk relawan Banas yang dihadiri oleh Jokowi pada Minggu (27/8/2023) di gedung serba guna pemerintah provinsi Sumatera Utara. Acara rembuk relawan berbau show of force tersebut diwarnai aksi lempar sendal dan botol air mineral Roida ke arah rombongan Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kader PDIP Sambut Gembira

Para kader PDIP menyambut baik langkah mundur para loyalis Jokowi dan Banas tersebut meski diklaim bukan karena perintah majikannya. “Mereka menyadari dirinya hanya sebagai orang- orang titipan dari sang majikan, yang sengaja disusupi menjadi pengurus dan caleg PDIP. Mereka sama sekali tidak memiliki ikatan idiologis, spirit perjuangan, kontribusi apapun terhadap PDIP. Jika mereka diterima menjadi caleg, hingga pengurus PDIP, semata- mata karena dititip oleh Banas, bukan karena kontribusi, apalagi prestasi. Sebab sejak Jokowi, anak, dan menantunya terlibat di PDIP, terbentuk rasa takut kolektif, dari pusat hingga ke daerah di PDIP. Sehingga apapun yang diminta oleh Jokowi, anak, dan menantunya, termasuk orang- orangnya pasti dikabulkan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Fraksi PKS Apresiasi Menlu Tegas Bantah Isu Normalisasi Hubungan RI dengan Israel

Orang- orang titipan menantu Jokowi sadar diri tidak layak menjadi bagian dari PDIP. Mereka yang tidak pernah punya kontribusi dan perjuangan apapun kepada PDIP, sehingga tidak layak menjadi caleg apalagi pengurus PDIP. Terutama pasca majikan yang menitipnya di PDIP telah menyatakan dukungan secara terbuka kepada pasangan selain Ganjar- Mahfud (GaMa), maka langkah mundur tersebut tepat. PDIP tidak butuh alasan dan pertimbangan apapun untuk segera mengganti mereka dengan kader yang pernah berkeringat dan berdarah, berjuang demi PDIP.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Diskriminasi Elit PDIP Terhadap Kader

PDIP diminta untuk mengaktifkan kembali para kader yang dipecat karena tidak mendukung Banas di Pilkada Medan 2020. Mereka (para ketua PAC PDIP) dituduh tidak patuh karena mendukung Akhyar Nasution, Walikota Medan petahana (Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara). Akhyar sendiri dipecat karena maju bertarung menghadapi Banas lewat PKS dan Demokrat. PDIP diminta merehabilitasi dan menerima kembali para kader yang dipecat karena tidak mendukung Banas. Meski hingga kini Banas mundur atau mengembalikan KTA PDIP, Banas telah menyatakan sikap dan pilihan berbeda dengan PDIP. Banas lebih layak diberi cap kader penghianat daripada Akhyar dan para pimpinan PAC yang dipecat demi dan untuk Banas.

Berita Lainnya:
Ganjar-Mahfud Direncanakan Temui Megawati, Ini Yang akan Dibahas

Dari penghianatan Gibran dan Banas kepada PDIP, pimpinan dan kader PDIP hendaknya belajar, membuka mata, hati, dan pikiran. Perlakuan istimewa kepada kader tidak menjamin kepatuhan dan kesetiaan terhadap partai. Meski semuanya telah diberi kepada Jokowi dan keluarganya, tidak menjadi jaminan PDIP tidak ditinggalkan. Cinta berlebihan yang menyerupai kultus individu PDIP kepada Jokowi dan keluarganya sama sekali tidak penting dan tidak final and binding. Semua akan berubah berdasarkan kepentingan kekuasaan.

Kasus tersebut hendaknya menjadi warning kepada PDIP terkait persoalan mekanisme dan pola rekrutmen pengurus dan caleg PDIP. Ada persoalan serius yang mendesak untuk dibenahi agar kejadian gibrangate dan banasgate tidak terulang kembali. Para kader marah menyaksikan orang yang hanya karena relawan Banas, menantu Jokowi, diberi karpet merah menjadi pengurus dan caleg PDIP. Sementara banyak kader yang ikut berjuang membangun dan membesarkan PDIP, tersisih, dipaksa mengubur mimpi.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi