Kamis, 16/05/2024 - 05:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALPALESTINA

Penjahat Perang Netanyahu Pernah Menolak Rencana Habisi Pemimpin Yahya Sinwar Sebanyak 6 Kali, Kenapa?

BANDA ACEH – Mantan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liberman mengkonfirmasi laporan Maariv yang mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menolak beberapa kali – rencana untuk membunuh pemimpin Hamas di Gaza, Yahya al-Sinwar.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Laporan jurnalis senior Israel, Ben Caspit, menyebutkan bahwa antara tahun 2011 dan 2023, Netanyahu menolak beberapa rencana yang diajukan oleh Shin Bet untuk melenyapkan Sinwar dan anggota senior gerakan Palestina lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun, Kantor PM Netanyahu membantah laporan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Namun, Liberman mengatakan Netanyahu adalah orang yang memberikan “kekebalan” kepada Sinwar dan para pemimpin Hamas. Dia mengatakan Netanyahu menentang segala upaya untuk membunuh mereka.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Saya menyatakan ini bukan sekedar spekulasi, tapi sebagai seseorang yang mempunyai pengetahuan pribadi mengenai hal tersebut,” ujarnya, dilansir aawsat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Usai Veto AS: Arab Tegaskan Dukungannya Rakyat Palestina

Dalam laporannya, Caspit mengatakan Netanyahu menolak rencana melenyapkan Sinwar setidaknya enam kali dalam beberapa tahun terakhir. Dia menambahkan bahwa rencana tersebut diajukan kepada Netanyahu oleh tiga kepala terbaru Shin Bet (Badan Keamanan Israel) selama masa jabatan mereka masing-masing: Yoram Cohen, Nadav Argaman, dan kepala saat ini, Ronen Bar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Caspit menulis bahwa berdasarkan percakapan dengan sejumlah tokoh senior di lembaga keamanan, rencana operasional tersebut telah dipikirkan dengan matang dan dapat ditindaklanjuti sehingga dapat dilaksanakan kapan saja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut rencana, Sinwar tidak menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi; dia tetap menjaga kehadirannya dan tidak bergerak di antara apartemen atau bunker rahasia, tidak seperti pemimpin Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah, yang telah mengikuti praktik semacam itu sejak tahun 2006.

ADVERTISEMENTS

Sebulan yang lalu, mantan ketua Shin Bet Cohen mengungkapkan kepada “Meet the Press” bahwa badan tersebut telah merekomendasikan operasi yang menargetkan semua pemimpin Hamas di Gaza. Dia mengatakan Netanyahu menolak semua peluang operasional ini.

ADVERTISEMENTS

Caspit, seorang jurnalis terkemuka di Israel, menuduh Netanyahu secara sistematis memperkuat Hamas untuk memperdalam perpecahan antara faksi-faksi Palestina. Dia juga berupaya melemahkan Otoritas Palestina dan Presidennya Mahmoud Abbas.

Berita Lainnya:
Turki Akan Bergabung dengan Afsel dalam Gugatan Genosida Afsel ke ICJ

“Netanyahu memandang Hamas sebagai harta karun yang akan membantunya menggagalkan solusi dua negara,” lanjut Caspit. Dia menambahkan bahwa bantuan pertama yang ditawarkan Netanyahu kepada Hamas adalah kesepakatan pertukaran tahanan yang menghasilkan pembebasan tentara Israel Gilad Shalit dengan imbalan 1.027 tahanan Palestina, termasuk Sinwar, pada tahun 2011.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi