Rabu, 19/06/2024 - 13:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

10 Juta Gen-Z Nganggur Disumbang Lulusan SMK, Dirjen Vokasi: Itu Lulusan Tahun Berapa?

BANDA ACEH  – Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati, angkat bicara soal isu lulusan SMK yang jadi salah satu penyumbang Gen Z menganggur. Kiki meminta, agar data dibuka dan dirinci, sehingga tidak menjadi syak wasangka. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kiki mengungkapkan, secara nasional memang ada pengangguran. Namun angka itu  seharusnya dilihat dulu. Kemudian, dicek lagi untuk SMK yang dimaksud merupakan lulusan tahun berapa. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Jadi begini, bisa ditanyakan ke sakernas, metode yang mereka melakukan itu seperti apa. Itu lulusan SMK tahun berapa? Silahkan ditanya dulu ke situ, baru kita diskusikan kembali lebih detail,” ujarnya usai acara penandatanganan kemitraan strategis antara 16 SMK dengan PT Fishindo Kusuma Sejahtera (FKS) di Jakarta, Selasa (28/5). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Selain itu, kata dia, yang perlu jadi catatan mengenai pengangguran ini adalah profil ketersediaan lapangan kerja se Indonesia. Selama ini menurutnya, profil ketersediaan lapangan kerja per tahun di Indonesia belum pernah muncul. Padahal, sangat penting untuk mengetahui berapa banyaknya, kemudian berapa yang dikhususkan untuk tiap lulusan jenjang. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Misal sekian juta itu terdiri dari sekian ratus ribu untuk lulusan ini, lulusan ini. Kalau ada itu saya akan seneng banget,” ungkapnya. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Ungkap Kejanggalan Kesaksian Melmel dan Aep, Susno: Sudahlah Hakim Praperadilan dan Polisi, Gugurkan Saja

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam beberapa tahun terakhir, Ditjen Vokasi telah bahu-membahu dengan satuan pendidikan vokasi untuk mentransformasi pendidikan vokasi agar sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Kerja sama dengan mitra di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) pun terus digenjot. Tak sebatas jadi lokasi magang, mitras DUDI pun terjun sepenuhnya ke sekolah untuk ikut bersama menyusun kurikulum hingga berinvestasi untuk membuat factory teaching. Salah satunya dengan PT FKS ini. 

 

Kiki mengungkapkan,  kolaborasi ini tidak hanya menguntungkan bagi satuan pendidikan vokasi, tetapi juga memberi dampak positif bagi industri. Menurutnya, keberlanjutan pertumbuhan industri tidak hanya bergantung pada faktor ekonomi semata, tetapi juga pada ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas. 

 

“Dengan memastikan bahwa lulusan vokasi memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri, maka kita dapat memastikan keberlangsungan dan kemajuan dunia industri Indonesia di masa depan,” pungkasnya. 

 

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Uuf Brajawidagda menambahkan, kerja sama antara 16 SMK dan PT FKS ini akan melingkupi beberapa hal. Yakni, penyelarasan kurikulum berbasis industri, peningkatan kompetensi bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, penyediaan guru tamu dari industri, pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, sertifikasi kompetensi bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, magang, dan rekrutmen lulusan.

Berita Lainnya:
Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Secara TSM, Megawati: Ya Memang Ada, Saya Tahu Kok

 “Selain itu, kerja sama lainnya adalah dalam pemberian beasiswa, donasi dalam bentuk peralatan laboratorium, atau dalam bentuk lainnya,” ujarnya. 

 

Sementara itu, Country Head FKS Group Yanuar Samron mengungkapkan, pihaknya  menyadari betul bahwa tanpa pendidikan, maka tidak akan ada pertumbuhan ekonomi. Karenanya, dia menyambut baik kerja sama yang terjalin. “Kami hadir untuk menyediakan tempat, di mana siswa bisa mengenal dunia dari sisi pandang pelaku dunia industri,” tuturnya. 

 

 

Yanuar mengaku, saat ini kebutuhan industri terutama PT FKS ada pada bidang RnD, operator alat, hingga pekerja dengan soft skill mumpuni. Ilmu dan pengetahuin terkait poin-poin ini yang kemudian akan ditanamkan pada siswa-siswa SMK yang nantinya bakal bekerja sama dengan pihaknya. 

 

Sebagai informasi, FKS Group sendiri merupakan perusahaan yang berfokus pada bidang makanan. Dalam perjalanannya, perusahaan ini kemudian mengembangkan bisnis pada bidang infrastruktur dan properti

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ ۖ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا الكهف [27] Listen
And recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book of your Lord. There is no changer of His words, and never will you find in other than Him a refuge. Al-Kahf ( The Cave ) [27] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi