Jumat, 19/04/2024 - 18:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Luhut Minta Warga Luar Pulau Jawa Tak Maksa Nyapres, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH -Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon ikut berkomentar ihwal pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan soal warga luar Pulau Jawa jangan memaksakan diri mencalonkan presiden. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Fadli Zon menyatakan apa yang diungkapkan oleh Luhut itu sangat menunjukkan politik identitas. “Katanya jangan pakai politik identitas?,” cuit Fadli lewat Twitter pribadi @fadlizon, dikutip Jumat (23/9/2022). Luhut sendiri mengatakan masih banyak cara lain bagi orang luar Pulau Jawa untuk mengabdi kepada Indonesia selain menjadi presiden. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Apa hanya jadi presiden aja kau bisa ngabdi? Kan nggak juga. Harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa. Kalau Anda bukan orang Jawa–pemilihan langsung hari ini, saya nggak tahu 25 tahun lagi. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Perusahaan Milik Kawan Sambo Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp271 Triliun

Udah lupain deh,” kata Luhut saat berdialog dengan Rocky Gerung di kanal Youtube RGTV Channel, dikutip Jumat (23/9/2022). “Nggak usah kita memaksakan diri kita, sakit hati, yang bikin sakit hati kita kan kita sendiri,” lanjutnya. Lebih lanjut, Luhut mengatakan menjadi presiden adalah skenario dari Tuhan. 

Meski semua orang berhak bersaing, tetapi tetap harus mengenali diri sendiri. “Itu menurut saya sudah takdir alam ini. Tuhan punya mau itu, God skenario,” ujarnya. Ia juga mengutip pernyataan jenderal dan filsuf Cina Sun Tzu tentang pentingnya mengenal diri sendiri.

Berita Lainnya:
Israel Siagakan Sistem Pertahanan C-Dome untuk Pertama Kalinya Menghadapi Iran

 “Apa yang dibilang Sun Tzu itu benar, ‘kenali dirimu, kenali musuhmu, 100 kali perang, 100 kali kau menang’, tapi kadang-kadang kita tidak mengenali itu, kita tidak tanya diri kita,” imbuhnya. Luhut kemudian menjadikan dirinya contoh sebagai orang yang tidak memaksakan kehendak untuk maju menjadi capres. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Luhut lantas menyebut dirinya sebagai double minoritas. “Termasuk saya, saya double minoritas. Saya udah batak, kriten lagi. Jadi saya bilang ‘ya sudah cukup itu, kita haru tau’. Ngapain saya menyakiti diri hati saya,” pungkasnya.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi