Rabu, 15/05/2024 - 00:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GAMETEKNOLOGI

Pentingnya Lokalisasi Dalam Industri Gaming

SEBELUM melangkah lebih jauh memaparkan sejumlah alasan akan pentingnya lokalisasi dalam industri gaming, kami akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu apa itu lokalisasi game.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Lokalisasi video game adalah adaptasi dari game-game video yang orisinil (umumnya berbahasa Inggris) yang dipasarkan untuk masyarakat internasional. Proses lokalisasi ini mencakup penerjemahan, internasionalisasi, kulturalisasi dan lain sebagainya. Ini merupakan alat yang baik untuk mengglobalkan produk-produk game Anda jika Anda ingin produk Anda dapat dinikmati oleh lebih banyak pemain dari seluruh negara dan pastinya berujung ke pencapaian profit yang lebih besar. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sebagai contoh, sebuah game video yang berdasarkan sejarah Eropa kuno mungkin tidak akan terlalu menarik untuk ditawarkan kepada pemain di kawasan Asia, sebab mereka dapat saja kurang memahami sejarah masa lampau yang terjadi di benua Eropa. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Lokalisasi game ini cukup berbeda dengan proyek-proyek lokalisasi yang lebih umum seperti promosi-promosi pemasaran. Pasalnya, setiap elemen game harus diterjemahkan dan diadaptasi untuk menyesuaikan target pasar, termasuk  game-game sederhana yang sudah sangat familiar di kalangan para gamer di seluruh dunia seperti Solitaire dan Freecell

Lalu apa untungnya lokalisasi game itu?

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
  • Mendorong lebih banyak penjualan

Apakah Anda tahu bahwa game-game yang diluncurkan di Inggris hanya meraih 27% pasar gaming di seluruh dunia? Karena pasar Asia Pasifik sangat mendominasi pasar game, maka Anda harus mencari cara agar game Anda dapat menembus kawasan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Apple Luncurkan iPad Pro Terbaru, Desain Tipis dan Ringan dengan Chip M4 Terbaru

Salah satu cara paling efektifnya adalah dengan melakukan lokalisasi untuk pasar-pasar besar yang potensial seperti Tiongkok, Jepang, Indonesia, India dan banyak lagi. Kami yakin dengan cara ini, aka nada peningkatan penjualan untuk produk game Anda. 

  • Meningkatkan jumlah download

Tanpa perlu diragukan lagi bahwa Anda memerlukan lebih banyak jumlah download jika Anda ingin menaikkan penjualan game Anda. Untuk meraih tujuan itu, Anda perlu meluaskan target pasar Anda yaitu dengan cara lokalisasi.

Bayangkan saja, hampir setiap game yang menjadi 100 download teratas di Google Play dan Apple Store di Tiongkok adalah berbahasa Tiongkok. Bahkan di kawasan Eropa dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris yang cukup baik, para gamer ternyata lebih suka memainkan game dengan bahasa asli mereka. 

  • Menambah rating pengalaman para gamer

Salah satu cara termudah untuk memperbaiki pengalaman pengguna adalah dengan membuat mereka tenggelam pada cerita yang dihadirkan pada game-game tersebut. Tentu saja, mereka ingin mengetahui segala aspek yang dipersembahkan oleh para pengembang di game-game tersebut.

Dan lokalisasi ini adalah cara paling efektif untuk membuat para gamer memperoleh pengalaman game yang otentik. Sebab, semakin banyak bahasa dunia yang Anda masukkan ke game-game Anda, maka semakin senang para gamer itu karena mereka dapat memainkan game-game Anda berdasarkan atas konteks budaya dan bahasa asli mereka. 

Selain itu, lokalisasi juga ternyata dapat mengurangi risiko akan ketidakfahaman para gamer terhadap konteks yang terjadi di game tersebut. Intinya, Anda perlu mengadaptasi game-game Anda untuk mencakup pengaruh-pengaruh lokal seperti music, format tanggal, makanan, hari libur, warna, yang berdasarkan lingkungan-lingkungan regional, sosial, dan budaya mereka. 

  • Membuat game-game Anda tetap kompetitif di pasar yang ketat

Strategi dan reaksi merupakan dua alasan utama mengapa lokalisasi game perlu dilakukan. Kita sudah membahas pendekatan strategis yang mencakup pemilihan negara dan bahasa tertentu yang dapat Anda fokuskan. Dan pendekatan kedua untuk lokalisasi ini adalah reaktif.

Ini artinya Ana perlu tampil menonjol di antara lebih dari 2 juta aplikasi game yang tersedia di sejumlah App stores. Untuk tampil menonjol di antara mereka, Anda bisa melakukan lokalisasi pada game-game Anda.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi