Kamis, 30/05/2024 - 08:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Dukung Ketahanan Pangan, Desa Keude Blang Ara di Kabupaten Aceh Utara Budidaya Pembesaran Ikan Lele

LHOKSUKON – Pemerintah Desa (Pemdes) Keude Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara melakukan pelepasan bibit ikan lele dalam program ketahanan pangan hewani.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Turun langsung dalam kegiatan ini Camat Kuta Makmur, Dosen Unimal, Kepala Desa, Penyuluh Perikanan, Koordinator BPP Buloh Blang Ara, Babinkamtibmas Kuta Makmur, Tuha Peut, Perangkat Desa, Pendamping Kecamatan dan Pendamping Desa.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Adapun bibit ikan lele yang dilepas di kolam ketahanan pangan desa ini sebanyak 6 ribu bibit yang mana dalam kurun waktu 2 bulan bibit ini sudah bisa dipanen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Geuchik Gampong Keude Blang Ara, Hasanuddin berharap program ketahanan pangan ikan lele ini dapat meningkatkan kebutuhan asupan ikan bagi warga.

“6 ribu bibit sudah kami lepas ke dalam kolam pada hari ini,semoga dengan kegiatan ketahanan pangan kolam ikan lele ini bisa meningkatkan kebutuhan asupan ikan terkhusus bagi warga gampong keude Blang Ara dan juga harapan kami,ini akan menjadi target unggulan untuk kedepan,” ungkap Hasan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Puluhan Ribu Warga Aceh Meriahkan Halalbihalal TIM di Jakarta

Ketua pelaksana kegiatan, Sub Bidang Ketahanan Pangan, Aiyub pada Jum’at (17/3/2023) kemarin menjelaskan, bahwa menggunakan alokasi Dana Desa pihaknya memberdayakan masyarakat untuk mengubah pola pikir dari konsumen menjadi produsen, melalui pembesaran ikan lele.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Saat ini di Desa Keude Blang Ara sudah memiliki sebanyak 3 kolam terpal buatan untuk budi daya ikan lele yang dikelola masyarakat di daerah itu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Setiap kolam berisi sebanyak 2000 ekor benih ikan untuk dibudidayakan agar berkembang biak sehingga hasil panen nanti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Tahun ini merupakan tahap uji coba yang diharapkan hasil panen ikan nanti dapat berlimpah sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Dia menjelaskan budi daya ikan lele ini dijalankan sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan.

Berita Lainnya:
Wamenkominfo Nezar Patria Beri Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

Hal itu juga bertujuan guna mendorong warga di desa itu agar dapat berwirausaha di bidang perikanan selain menggantungkan hidup dari hasil bercocok tanam.

“Selama ini mayoritas masyarakat di desa kami hanya pedagang, berkebun dan bertani saja. Melalui program ini kami memberdayakan agar belajar berwirausaha pembesaran ikan lele,” katanya.

Sementara itu Camat Kuta Makmur, Hanifza Putra sangat mendukung sekali usaha budidaya ikan ini.

Camat berharap dengan adanya program ini dapat membantu membuka peluang usaha di bidang perikanan sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatann Kuta Makmur.

“Kami berharap desa lainnya juga dapat menjalankan program ketahanan pangan hewani yang sama sehingga Kecamatan Kuta Makmur menjadi sentral budi daya lele dan jenis ikan air tawar lainnya,” harapnya.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi