Jumat, 19/04/2024 - 22:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

Sponsored
ACEH

Universitas Jabal Ghafur Sigli Dikunjungi 20 Mahasiswa Asal Amerika Serikat

ADVERTISEMENTS

SIGLI – Kampus Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli, Pidie dikunjungi 20 mahasiswa asal The University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat pada Kamis (1/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kunjungan mahasiswa asal Amerika Serikat di Kampus Unigha ini berlangsung di Gedung Nurdin Abdurrahman Building Keuniree atau Kampus Unigha berlokasi di Keunire, Pidie.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

The University of Rhode Island (URI) adalah salah satu universitas negeri di Amerika Serikat yang telah bekerjasama dengan Indonesia setidaknya sudah lebih dari 50 tahun.

ADVERTISEMENTS

Kerjasama tersebut di antaranya yaitu dengan beberapa Kementerian seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Bappenas dan beberapa Kementerian lainnya dalam berbagai bidang khususnya di bidang Pendidikan, Kelautan serta Perikanan, kemudian The University of Rhode Island (URI) juga telah menjalin kerjasama di bidang Teknik, Kesehatan dan masih banyak lainnya.

The University of Rhode Island (URI) juga telah bekerjasama dengan berbagai universitas terkenal di Republik Indonesia, di antaranya seperti bersama USK, UI, IPB, ITB, Universitas Halu Oleo, UnHas, UNud, UniPa, UnPad dalam rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Setidaknya ada sebanyak 20 mahasiswa (7 dari jurusan Bisnis & 13 dari jurusan Kesehatan) dan ditemani langsung oleh 4 orang dosen yang diketuai langsung oleh Brook William Ross yang juga selaku perwakilan langsung The University of Rhode Island (URI) untuk Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Rektor Unigha Sigli, Prof. Dr. Bansu I Ansari, dan Wakil Ketua Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG), Diana Devi Nurdin AR ikut menyambut kehadiran para tamu asal Amerika Serikat itu.

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Foto bersama The University of Rhode Island (URI) asal Amerika Serikat bersama pihak Pengurus Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG) dan Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli pada Kamis (1/6/2023). FOTO/HAI/Istimewa

Rektor Unigha Sigli, Prof. Dr. Bansu I Ansari menyebutkan, pihaknya juga telah melakukan kerjasama MoU dengan universitas The Univsersity of Rhode Island (URI) sehingga ke depannya bisa dilakukan kunjungan belajar dari mahasiswa Universitas Jabal Ghafur (Unigha) ke The University of Rhode Island yang berada di Amerika Serikat. Tujuannya, kata Rektor Unigha itu tentu untuk mendukung akreditasi kampus Unigha dengan adanya MoU yang terjalin ini.

Berita Lainnya:
HMP KPI UIN Ar-Raniry Tebar Kebaikan Ramadan Bersama Anak-anak Panti Asuhan

“Kita harapkan pihak URI bisa menyambut ajakan pihak kami untuk menjalin kerjasama ini,” kata Rektor seperti dikutip HARIANACEH.co.id.

Sementara pihak URI yang diwakili Direktur Kemitraan Brook William Ross menanggapi hal itu dengan menyebutkan bahwa pihaknya tidak tertutup kemungkinan hal ini bisa terwujud.

Dari pantauan Media ini, terlihat Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adi Siswanto MSi juga turut hadir di Universitas Jabal Ghafur. Selain Pj Bupati Kabupaten Pidie, turut hadir juga para Pengurus Yayasan lainnya seperti Ketua STIKES Jabal Ghafur, Direktur AMIK Jabal Ghafur beserta dosen dan mahasiswa.

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto MSi dan Jajaran Pengurus Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG) menyambut kunjungan Mahasiswa dan Dosen dari The University of Rhode Island (URI) asal Amerika Serikat di Gedung Nurdin Abdurrahman, Unigha, Keuniree Kota Sigli pada Kamis (1/6/2023). FOTO/HAI/Istimewa

Tidak luput dari pantauan HARIANACEH.co.id juga terlihat hadir Wakil Sekretaris YPKJG, T. Yasman Saputra, S.H., M.H.

Kedatangan mahasiswa dan dosen Amerika Serikat di Unigha juga dalam rangka melaksanakan Program J-Term. Program ini dilaksanakan setiap tahun oleh mahasiswa URI dari berbagai jurusan yang datang ke Indonesia untuk belajar bersama mahasiswa Indonesia tentang Pendidikan, budaya Indonesia dan saling berbagi pengalaman.

Tahun 2023 ini merupakan tahun pertama URI melaksanakan program ini di Bumi Serambi Mekkah. Seperti diketahui, program ini terlaksana karena adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Aceh dan The University of Rhode Island yang ditanda tangani pada tahun 2021 silam.

Pada kesempatan ini, mahasiswa URI juga berkunjung ke RSUD Tgk. Chik Di Tiro Sigli untuk mengenal dan melihat secara langsung sistem pelayanan pasien. Selain di RSUD Kota Sigli, para mahasiswa URI ini juga mengunjungi Rumah Produksi Kupiah Meukutop di desa Garot untuk bisa lebih mengenal kerajinan tradisional Aceh.

Berita Lainnya:
Tim AMIN Tetap Optimistis Permohonannya Dikabulkan Hakim 
Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Foto bersama Mahasiswa dan Dosen dari The University of Rhode Island (URI) asal Amerika Serikat didampingi Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG) saat mengunjungi RSUD Tgk. Cik Di Tiro Sigli, Kamis (1/6/2023). FOTO/HAI/Istimewa

Acara penyambutan mahasiswa Amerika Serikat ini dilaksanakan di Nurdin Abdurrahman Building Keuniree, Kamis (1/6/2023).

Wakil Ketua Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG), Diana Devi Nurdin AR kepada HARIANACEH.co.id juga menyampaikan bahwa kedatangan mahasiswa dan dosen dari URI ini merupakan suatu penghargaan bagi Yayasan karena agenda seperti ini sudah lama dinanti-nantikan dan berharap UNIGHA yang memiliki 20 Prodi, STIKES yang memiliki 3 Prodi – S1 Farmasi, D3 Keperawatan dan D3 Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan & AMIK yang memiliki 1 Prodi – Manajemen Komputer dapat bekerjasama lebih konkrit dengan University of Rhode Island kedepannya untuk pengembangan SDM.

Kakak kandung dari Nova Eliza itu sendiri merupakan mantan Partnerships Manager di lembaga Indonesia Education Partnerships (IEP), yang juga merupakan salah seorang Perwakilan URI untuk Indonesia. Ia sudah terlibat aktif selama 7 tahun dan sampai sekarang ia fokus mengelola Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG) serta menjadi dosen di UNIGHA. Seperti diketahui, ia juga adalah anak dari Rektor pertama UNIGHA, Nurdin AR yang juga Mantan Bupati Kabupaten Pidie.

Ucapan Apresiasi Pemkab Pidie

Secara terpisah, Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto MSi dalam sambutannya seperti yang dikutip HARIANACEH.co.id mengapresiasi kedatangan 20 mahasiswa dan para dosen University of Rhode Island (URI) ke Kabupaten Pidie khususnya ke Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA).

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si saat menyampaikan sambutan dan apresiasinya kepada The University of Rhode Island (URI) yang berkunjung ke Universitas Jabal Ghafur (Unigha) Sigli, Kabupaten Pidie pada Kamis (1/6/2023). FOTO/HAI/Istimewa

Wahyudi Adiswanto mengatakan, ia sangat senang dan merasa sangat terhormat bisa dikunjungi oleh rombongan mahasiswa dan dosen dari The University of Rhode Island  di Pidie.

“Semoga kunjungan ini bisa menyenangkan dan membawa manfaat bagi mahasiswa dan dosen URI,” tutup Pj Bupati Pidie itu.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi