Selasa, 30/04/2024 - 05:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLA

Sejarah Singkat Indonesia di Piala Dunia FIFA

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEHFIFA World Cup atau biasa disebut juga dengan Piala Dunia adalah kompetisi kejuaraan sepak bola skala internasional yang diikuti oleh anggota dari Fédération Internationale de Football Association atau FIFA yang sekaligus sebagai badan pengatur sepak bola dunia. Kejuaraan ini juga telah digelar sejak tahun 1930 dan diadakan setiap empat tahun sekali hingga sekarang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Terdapat banyak cara orang Indonesia dalam memeriahkan ajang piala dunia. Ada yang memeriahkannya dengan nonton bareng, ada juga yang melakukan taruhan sebagai ajang hiburan kecil-kecilan. Bahkan, bagi Anda para pengunjung situs judi, tentu saja ajang Piala Dunia sangatlah ditunggu. Sebab, platform tersebut juga bisa menjadi hiburan pendamping dalam memeriahkan pertandingan piala dunia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sebagai penggemar olahraga khususnya Sepak Bola, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana sepak terjang Indonesia dalam ajang Piala Dunia? Sebagai informasi, berikut ini terdapat sejarah singkat Indonesia pada ajang Piala Dunia FIFA! 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Partisipasi Indonesia di Piala Dunia

Sepanjang Piala Dunia berlangsung, Indonesia pernah berpartisipasi sebanyak satu kali. Indonesia mengikuti Piala Dunia pada tahun 1938 di Prancis, atau sebelum kemerdekaan, di mana saat itu masih menggunakan nama Hindia Belanda. Yang menarik, kala itu Indonesia pun menjadi tim Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Memanas, Keturunan Wali Songo Polisikan Habib Bahar, Apa Masalahnya?

Saat ini, Indonesia memang telah merdeka. Namun, FIFA memutuskan bahwa Indonesia merupakan penerus dari tim Hindia Belanda. Tim Hindia Belanda sendiri menghadapi negara Hungaria selama pertandingan pertama tersebut dan kalah dengan skor 6-0. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Perlu Anda ketahui juga, saat itu terdapat sistem gugur sehingga membuat pertandingan tersebut menjadi satu-satunya yang pernah dilakukan oleh tim Indonesia. Alhasil, Indonesia memegang rekor sebagai satu-satunya tim dengan pertandingan paling sedikit dalam sejarah Piala Dunia dan salah satu tim dengan jumlah gol paling sedikit yakni sebanyak 0 gol. 

Sementara pada tahun 1958, Indonesia untuk pertama kalinya mengikuti kualifikasi Piala Dunia menggunakan nama Indonesia. Tim Indonesia saat itu berhasil mengalahkan China pada putaran pertama. Namun, sayangnya tim Indonesia didiskualifikasi karena menolak mengikuti pertandingan saat melawan Israel. 

Setelah tahun 1958, tim Indonesia memutuskan untuk menunda keikutsertaan dalam ajang olahraga terkenal ini karena adanya situasi politik, baik itu politik dalam negeri maupun luar negeri. Namun, akhirnya Indonesia kembali berpartisipasi pada Piala Dunia FIFA pada tahun 1974. 

Indonesia Pada Piala Dunia 2026

Di tahun 2026 mendatang, Piala Dunia akan kembali diadakan. Lantas, bagaimana keikutsertaan Indonesia pada ajang pertandingan olahraga Sepak Bola tersebut? Saat ini, Indonesia harus menjalani babak kualifikasi Piala Dunia pada tahun 2026 mendatang. 

Indonesia sendiri berada pada peringkat ke-28 dalam rangking FIFA di tingkat Asia. FIFA memiliki persyaratan di mana peringkat ke-27 dan peringkat ke-46 dalam rangking FIFA harus menjalani fase kualifikasi. 

Dalam undian yang sudah dilakukan FIFA, Indonesia berada dalam pot 1 bersamaan dengan negara Asia lainnya yakni Taiwan, Yaman, Singapura, Afghanistan, Myanmar, Hong Kong, Maladewa, Kamboja, dan Nepal. 

Nantinya, 10 pemenang dari babak pertama akan melenggang ke babak kedua dan bisa bergabung dengan 26 timnas yang lolos langsung. Total, akan terdapat 36 tim yang dibagi dalam 9 grup di mana terdiri masing-masing sebanyak 4 tim.

Kesimpulan

Meskipun tidak mudah dan harus menjalani banyak tantangan, terdapat peluang besar agar tim Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Diharapkan, masyarakat Indonesia memberikan dukungan yang besar agar timnas Indonesia dapat bertanding secara maksimal dan bisa berpartisipasi dalam Piala Dunia 2026.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi