Jumat, 17/05/2024 - 22:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Jelang Meugang Ramadhan, Transaksi Jual Beli Pasar Hewan Sibreh Masih Sepi

HARIANACEH.co.id|Aceh Besar – Menjelang Hari Meugang menyambut bulan Ramadan 1445 Hijriah, transaksi hewan ternak di Pasar Hewan Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar masih terbilang sepi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Padahal hari ini, hari Rabu terakhir menjelang Ramadhan 1445 H, tapi sampai jam 3 sore masih sepi dari pembeli. Ini menjadi bukti jika ekonomi masyarakat sedang melemah,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar di Kota Jantho, Rabu (6/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sementara itu di sisi lain disebutkan, stok ternak untuk meugang di Aceh Besar dalam kondisi tercukupi. Bahkan ternak Aceh Besar sering disuplai ke kawasan tetangga, seperti Banda Aceh, Pidie hingga Aceh Jaya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurut Jakfar, total persediaan ternak siap potong untuk memenuhi kebutuhan untuk menyambut hari meugang puasa Ramadan 1445 Hijriah di Aceh Besar mencapai sebanyak 3.318 ekor.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Alhamdulillah, persediaan hewan ternak untuk menyambut Hari Meugang bulan suci Ramadan 1445 H di Aceh Besar tercukupi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menjelaskan tiga ribuan ternak persediaan hari pemotongan hewan yang akan berlangsung pada 9 sampai 10 Maret tersebut terdiri dari sapi jantan dan kerbau. Untuk sapi jantan sebanyak 2.623 ekor dan kerbau jantan sebanyak 695 ekor.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rektor Paparkan Empat Program Unggulan USK di Korea Selatan

Selain sapi dan kerbau, petani peternak di Aceh Besar juga menyediakan hewan ternak unggas untuk dikonsumsi pada saat meugang nanti. Untuk jumlah unggas yang tersedia sebanyak 5268, dan dipastikan tercukupi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Perkiraan kami harga daging di hari meugang nanti berkisar Rp160 ribu per kilogram sampai Rp180 ribu per kilogram, sedangkan untuk harga unggas Rp50 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram dan itu masih wajar dan harga unggas juga bervariasi,” paparnya.

ADVERTISEMENTS

Lebih lanjut, Jakfar menegaskan, pihaknya juga akan memastikan seluruh hewan yang dipotong pada hari pemotongan hewan tersebut bebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

ADVERTISEMENTS

“Karena, kami sudah siap Tim Kesehatan tersebar di 12 pos kesehatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar juga akan memantau dan memeriksa langsung terhadap ternak yang akan dipotong nantinya,” demikian Jakfar.

Berita Lainnya:
Mantan Sekda Aceh Meninggal Dunia, Pemerintah Aceh Sampaikan Duka

Disamping itu, menurut pantauan di Pasar Hewan Sibreh, harga jual daging sapi, kerbau, Kambing dan unggas diperkirakan pada hari meugang nanti tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Untuk harga sapi masih berkisar antara Rp15–40 juta per ekor, yang paling mahal Rp50 juta itupun tergantung bobotnya. Sementara kerbau Rp20 juta sampai Rp35 juta,” sebut Umar (60) pedagang sapi di Pasar Hewan Sibreh.

Menurutnya, masalah harga sapi dan hewan ternak lainnya tidak naik, malah turun, karena selama ini tidak laku, sudah berapa kali hari rabu sangat sepi. Kemudian, kondisi seperti ini (sepi pembeli) sudah mulai sejak awal memasuki tahun 2024.

“Luar biasa sepi, biasanya menyambut Meugang Ramadhan banyak pembeli. Tapi, tahun ini tidak, karena kondisi ekonomi masyarakat lagi terjepit,” pungkasnya.

Artikel Jelang Meugang Ramadhan, Transaksi Jual Beli Pasar Hewan Sibreh Masih Sepi pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi