Jumat, 03/05/2024 - 20:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Bagaimana Mengukur Kecepatan Internet Anda Secara Akurat?

ADVERTISEMENTS

MEMILIKI jaringan internet yang cepat dan stabil merupakan dambaan semua orang. Anda tentu saja akan rela merogoh biaya yang tidak sedikit untuk berlangganan internet dengan kecepatan yang ideal dan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Karena itu penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan kecepatan internet yang sesuai dengan harga yang Anda bayarkan setiap bulannya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Iya Anda perlu melakukan pengukuran kecepatan internet di rumah Anda seakurat mungkin. Dengan begitu, Anda akan bisa mengidentifikasi perangkat-perangkat elektronik manakah yang perlu dimiliki yang disesuaikan dengan kecepatan internet Anda. Sebab akan sia-sia membeli perangkat elektronik berbasis jaringan wifi, namun kecepatan internet di rumah Anda ternyata kurang memadai. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dan sayangnya, ada sejumlah faktor yang dapat membuat pembacaan kecepatan internet Anda kurang begitu akurat. Kadang-kadang pembacaan akurat, namun ternyata layanannya terlalu lambat. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Untuk mengetahui kecepatan internet di rumah atau di kantor Anda, maka Anda perlu melakukan Uji Kecepatan Internet. Jika ternyata kecepatan internet yang dihasilkan oleh Uji Kecepatan Internet itu kurang memuaskan, maka Anda bisa beralih ke layanan internet Indihome, sebuah produk layanan internet yang dikenal memiliki kecepatan yang stabil dan bagus.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Xiaomi Hadirkan Redmi Note 13 Series Varian Baru

Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya mengukur kecepatan internet Anda secara tepat?

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun menurut kami ada beberapa langkah penting yang dapat diterapkan oleh Anda sekarang juga, yaitu:

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
  • Harap pastikan tidak semua perangkat tersambung ke internet

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa tidak semua perangkat di rumah Anda terhubung dengan jaringan internet. Jika perangkat-perangkat elektronik Anda tidak begitu memerlukan jaringan wifi untuk mengoperasikannya, maka Anda dapat memutuskannya dari perangkat Anda. 

Di samping itu, pastikan juga bahwa tidak seorang pun di rumah Anda yang sedang menggunakan bandwidth internet. Tentu saja Anda tidak mendapatkan hasil yang sangat akurat apabila ada orang-orang di rumah Anda yang sedang menonton Netflix secara streaming di tiga ruangan yang berbeda ketika Anda melakukan pengecekan kecepatan internet. Dan jika Anda mencurigai ada seseorang yang mencuri WiFi Anda atau memakainya tanpa seizin Anda, maka Anda dapat mengubah kata sandi jaringan Anda. 

  • Silahkan lakukan restart dan reboot

Maksudnya disini adalah Anda perlu melakukan restart pada perangkat yang Anda gunakan untuk menguji kecepatan internet Anda, apakah itu berupa ponsel pintar maupun komputer. 

Selain itu, Anda juga perlu melakukan reboot pada jaringan internet Anda. Untuk melakukannya, biasanya Anda akan diarahkan kepada panduan cara memecahkan masalah pada konektivtas Anda. 

  • Silahkan hentikan sementara download otomatis

Tetap pastikan bahwa Anda tidak sedang mendownload berkas-berkas apapun yang berukuran besar. Anda dapat mengecek Task Manager pada Windows atau Activity Monitor pada mac OS untuk melihat apakah ada program yang sedang mencoba mendownload pembaruan-pembaruan atau berkas-berkas yang berukuran besar lainnya. Silahkan tutup atau hentikan semua aplikasi pada komputer Anda. 

  • Silahkan lakukan pengecekan pada isu-isu router nirkabel

Banyak orang yang berpendapat bahwa Anda harus mencolokkan komputer Anda secara langsung ke router Anda dengan sebuah kabel Ethernet sebelum Anda mengetes kecepatan internet Anda. 

Hal ini mungkin saja dapat memberi Anda pengukuran yang lebih akurat yang bisa ditawarkan oleh ISP Anda. Namun sebenarnya ini tidak banyak membantu jika Anda masih mengalami kecepatan yang lambat ketika Anda menggunakan perangkat-perangkat Anda secara normal. 

Untuk itu kami menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan pada router nirkabel Anda sebab mungkin saja kecepatan internet yang lambat disebabkan masalah yang timbul pada router nirkabel Anda.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi