Jumat, 26/04/2024 - 11:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

PSI Sebar Hoaks Ganjar Hadiri Deklarasi di Tengah Lautan Manusia, Ternyata Comot Foto Konser

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baru-baru ini mengunggah sebuah gambar yang menunjukkan aksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo heboh disambut relawan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Unggahan melalui twitter pada Sabtu (12/11/2022) itu merupakan salah satu lembar halaman artikel dalam koran Solidaritas. Berlatar gelap, artikel itu berjudul ‘Jabar menjadi Lautan Ganjar’.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Artikel dalam koran digital itu menerangkan adanya deklarasi Relawan Saung Ganjar. Acara yang disebut berlangsung pada Sabtu (1/10/2022) tersebut juga dihadiri oleh banyak relawan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Bahkan, artikel itu menjelaskan area panggung deklarasi dipenuhi dengan lautan manusia.

ADVERTISEMENTS

Namun ada yang janggal. Setelah ditelisik, tak pernah ada acara yang digelar oleh Relawan Ganjar dari Jawa Barat dengan jumlah massa yang disebut-sebut bak ‘lautan’.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Bahkan, artikel juga tak menyebutkan keterangan tempat secara jelas. Hanya disebutkan massa undangan yang berasal dari 19 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Berita Lainnya:
Aksi Pencurian di Markas Relawan Prabowo Diduga Ada Motif Politik

Ada lagi yang membuat warganet heran. Sebuah foto yang digunakan untuk latar artikel dalam lembar Nuansa Jiwa itu, Ganjar tampak berdiri di atas podium.

Layaknya sebuah konser, keramaian di sekeliling Ganjar berdiri itu memang memperlihatkan layaknya ‘lautan’ manusia. Gambar yang dipakai pun terlihat sepadan dengan judul yang dibuat untuk artikel itu.

Namun rupanya, foto itu bukanlah foto baru seperti yang ditulis dalam keterangan artikel. Melainkan foto yang diambil sejak 26 Juni 2022 silam.

Dengan foto yang sama persis, saat itu Ganjar tengah berada di lautan masyarakat Surakarta, Jawa Tengah. Namun, bukan deklarasi, melainkan saat itu ia sedang menghadiri acara konser Trisakti di Benteng Vastenburg, Surakarta.

Seperti yang diberitakan oleh kanal media murianews.com di tanggal yang sama. Acara yang tergelar sejak sore itu bukan mengundang Relawan Ganjar, melainkan penyanyi dangdut koplo ternama di Jawa Tengah. Mereka di antaranya, Denny Caknan, NDX AKA, Guyon Waton, dan Yudit Nurvita.

Berita Lainnya:
Pemerintah Subsidi Biaya Konversi Sepeda Motor Listrik Rp10 Juta, Ini Caranya

Adanya foto dan isi artikel dalam halaman koran PSI yang dianggap tak sesuai dengan kenyataan itu pun mengundang hujatan dari warganet.

“bukan deklarasi. itu konser musik di Solo bulan Juni 2022. Kasihan pak @ganjarpranowo dibuat HOAX terus,” tulis @dwi*****.

“Hasil comot foto. Ngaku?2; di jabar, wkwkw,” tulis @Aevsae*****.

“Ini acara apa, di mana ? Pasti biasa2 sj, mendekati sepi. Kalau rameee pasti beredar videonya berhari2. Kasihan gak punya bahan,” tulis pemilik akun @djoko****.

“Aneh di Jabar ada Ridwan Kamil, tapi kok malah jadi lautan Jateng. Apa karena masyarakatnya kebanyakan ngemil klenteng ?,” tulis @Retno****.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi