Selasa, 07/05/2024 - 05:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Satu Jurus Bapak & Anak: Dulu Jokowi Tanya Istilah TPID, Kini Gibran Debat Cawapres Tanya Istilah SGIE

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEHDebat cawapres telah dilangsungkan dengan / tema ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, serta infrastruktur dan perkotaan, pada Jumat, 22 Desember 2023. Dalam debat itu, Gibran mengikuti jejak sang ayah dengan menyerang dua rivalnya menggunakan istilah teknis.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sebelumnya, pada Ahad, 17 Februari 2019 dalam debat Pilpres 2019, Joko WIdodo atau Jokowi yang inkumben bertanya tentang strategi Prabowo dalam mendukung kemajuan unicorn di Indonesia. “Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia” tanya Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Prabowo tampak kebingungan lantaran adanya istilah unicorn dalam pertanyaan Jokowi. Ia pun balik balik bertanya, “Yang Bapak maksud unicorn, maksudnya yang apa itu, yang online-online itu.” Jokowi hanya mengangguk saja menanggapi pertanyaan Prabowo.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Adapun, unicorn yang dimaksud Jokowi merupakan sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan bernilai di atas US$ 1 miliar atau setara Rp14,1 triliun (kurs Rp 14.100 per dollar AS). Kala itu, Indonesia memiliki empat unicorn, yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebelumnya, Pada debat Pilpres 2014, Prabowo pun sempat kebingungan menjawab pertanyaan Jokowi karena tak mengetahui akronim TPID atau Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Saat itu Jokowi menanyakan, “Bagaimana cara meningkatkan peran, ini soal rakyat ini, bagaimana meningkatkan peran TPID?”.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Megawati Bermanuver Menipu Rakyat soal Amicus Curiae

Mendengar pertanyaan tersebut, Prabowo bertanya balik kepada Jokowi. “Tunggu singkatan TPID bagaimana pak?”. Jokowi pun menjawab, “TPID ini untuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah, pak Prabowo. Terima kasih,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Istilah-istilah teknis pun digunakan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres Pemilu 2024. Gibran bertanya kepada Mahfud tentang carbon capture and storage. Berdasarkan kanal YouTube Tempodotco, Gibran bertanya kepada Mahfud, “Ini karena Prof Mahfud adalah ahli hukum, saya ingin bertanya bagaimana regulasi untuk carbon capture and storage”.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Mahfud menjawab pertanyaan tersebut dengan menguraikan pembuatan regulasi dari naskah akademik terlebih dahulu yang akan mengikuti pola sederhana. Sebab, pembuatan regulasi tidak harus dibuat secara spesifik, kecuali sudah ada proyek yang sedang berjalan.

Mahfud balik bertanya kepada Gibran, “Yang terpenting itu, bagi saya, apa pun yang akan kita bangun, harus ada sistem pengawasan keuangan. Barangkali Mas Gibran tahu atau belum tahu juga karena ini baru, pada 9 Desember ada sistem SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) ada pengawasan terhadap uang,” ungkap Mahfud pada 22 Desember 2023.

Gibran menanggapi bahwa waktu yang diberikan selama 2 menit kepada Mahfud tidak menjawab pertanyaan sebenarnya. Sebagai Wali Kota Solo, ia juga telah mengetahui SIPD untuk merencanakan anggaran dan sebagainya.

Berita Lainnya:
Masuk Bursa Calon Gubernur DKI Jakarta dari PDIP, Risma: Aku Enggak Punya Uang dan Enggak Berani

Setelah itu, Gibran juga menggunakan istilah teknis ketika bertanya kepada Cak Imin. Ia bertanya tentang State of Global Islamic Economy (SGIE), tanpa menjelaskan kepanjangannya.

“Karena Gus Muhaimin adalah Ketua Umum PKB, saya yakin paham sekali untuk masalah ini (SGIE),” ujar Gibran.

Sebelum menanggapi pertanyaan Gibran, Cak Imin kembali bertanya, “Terus terang saya tidak paham SGIE. SGIE itu apa?”. Gibran memberi penjelasan bahwa SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Menurut Gibran, SGIE harus dimengerti karena Indonesia sedang fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

“Misalnya sekarang yang sudah masuk 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fesyen kita. Maaf ya, Gus, kalau pertanyaannya agak sulit,” kata Gibran.

Setelah mendapat penjelasan dari Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Cak Imin menjawab. Ia sepakat isu tersebut penting karena Indonesia memiliki basis penduduk Islam terbanyak di dunia. Indonesia sebagai pasar ekonomi syariah, pasar pariwisata halal, dan pasar bank syariah juga memiliki potensi pusat ekonomi syariah dunia. Akibatnya, butuh langkah-langkah agar peringkat Indonesia di SGIE bisa naik dengan menyiapkan perangkat regulasi untuk menumbuhkan industri halal di Indonesia.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi