Kamis, 18/04/2024 - 18:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tak Cuma di Jakarta, Aksi Demo 1 Maret Juga Digelar di Yogyakarta, Solo dan Surabaya

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Sejumlah aksi demo pada tanggal 1 Maret 2024 dijadwalkan berlangsung di berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya.Demo yang digelar pada Jumat (1/3/2024) hari ini hampir semua terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Selain itu, ada pula tuntutan untuk menurunkan harga sembako, termasuk beras, yang harganya semakin mahal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Di Jakarta misalnya, berdasarkan pamflet yang beredar di media sosial, ada dua demo yang bakal berlangsung hari ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Front Rakyat Semesta (FRS) menggelar Aksi Rakyat Semesta Geruduk DPR RI pada siang ini pukul 13.30 WIB di Pelataran Gedung DPR RI.

ADVERTISEMENTS

Sejumlah tokoh seperti Said Didu dan Eggi Sudjana disebut akan hadir untuk memberikan orasi.

FRS sendiri mengeluarkan tiga tuntutan rakyat mereka, yakni turunkan harga sembako, dukung hak angket, dan diskualifikasi 02 serta makzulkan Jokowi.

Aksi di Gedung DPR RI ini juga akan dihadiri Masyarakat Bogor Raya yang juga bakal menyampaikan tuntutannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Demonstrasi juga akan digelar di depan Gedung KPU RI pada pukul 15.00 WIB. Aksi tersebut menggugat terkait kecurangan di pemilu.

Demo 1 Maret 2024 selanjutnya digelar di Purwokerto, tepatnya di Alun-Alun Purwokerto pada pukul 13.00 WIB.

Aksi yang diberi nama Aksi Indonesia Melawan itu menuntut empat hal, yakni turunkan harga sembako, dukung hak angket, diskualifikasi 02, dan makzulkan Jokowi.

Berita Lainnya:
Sindir Balik Hasyim Asy’ari, PKB: Ada Gugatan Hasil Pemilu Karena KPU Tidak Berkualitas

Selanjutnya di Yogyakarta, aksi damai digelar di Monumen SD 1 Maret 1949 (Titik Nol KM) pada Jumat hari ini dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Dalam aksi damai bertajuk Petisi Rakyat Jogja Menggugat Pemilu Curang, Gerakan Penegakan Kedaulatan Rakyat (GPKR) dan Paguyuban Penegakan Demokrasi Masyarakat Jogja Istimewa (PPDMJI) menuntut untuk mendukung hak angket, usut politisasi bansos dan bongkar penyalahgunaan kekuasaan.

Di Surakarta, Aliansi Rakyat Solo juga akan melakukan aksi damai di Balai Kota Solo pada pukul 13.00 WIB.

Mereka juga menuntut hal yang sama seperti aksi di kota lain seperti turunkan harga sembako, tolak kecurangan pemilu hingga pemakzulan Presiden Jokowi.

Di Jawa Timur, sejumlah elemen masyarakat juga akan melakukan aksi di Gedung DPRD Jatim Surabaya pada pukul 13.00 WIB.

Dalam aksi tersebut, tiga tuntutan juga disampaikan yakni turunkan harga kebutuhan pokok, tolak pemilu curang dan dukung hak angket DPR.

Di Makassar, Forum Rakyat Sulsel Menggugat (FORSUM) ikut menggelar aksi damai untuk memrotes hasil Pilpres 2024 yang dinilai terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif.

Aksi ini akan dilakukan pada pukul 13.00 WITA di Kantor DPRD Provinsi Sulsel dan Kantor KPU Sulses serta Kantor Bawaslu Sulses.

Berita Lainnya:
Timnas AMIN Siapkan Lurah hingga ASN Jadi Saksi Sengketa Hasil Pilpres di MK

Diberitakan sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat menerjunkan 2.590 personel gabungan untuk mengamankan demo yang akan dilakukan sejumlah elemen masyarakat di depan Gedung DPR/ MPR RI, Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan, personel gabungan yang bertugas itu terdiri atas Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, serta instansi terkait lainnya.

“Personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar DPR/ MPR RI. Untuk aksi unjuk rasa hari ini sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa masuk ke dalam kawasan DPR/ MPR RI,” kata Susatyo di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat.

Diketahui, aksi unjuk rasa dari elemen masyarakat, mahasiswa, pelajar dan poros buruh digelar di depan Gedung DPR/MPR RI hari ini dengan agenda terkait hasil Pemilu 2024.

Sebelumnya, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat 1 Maret (Gema 0103) juga akan berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, pada Jumat, 1 Maret 2024.

Tampak dalam pamflet yang beredar di media sosial, empat tuntutan pengunjuk rasa adalah Pemakzulan Jokowi, Tolak Hasil Pilpres 2024, Ganti Komisioner KPU, dan Pilpres Ulang.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi