Sabtu, 27/04/2024 - 02:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONALNASIONAL

Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina akan Hadir Online

ADVERTISEMENTS

Sejak invasi digaungkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, hingga pada saat ini perang masih menjadi-jadi dan memakan banyak korban jiwa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam hal ini, sebelumnya beberapa anggota yang menjadi bagian dari G20 menentang Indonesia sebagai untuk tidak mengundang Putin dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang berlangsung di Bali, pada November mendatang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Barat menyarankan bahwa jika Presidensi Indonesia nekat untuk mengundang Putin, maka pihak Indonesia juga harus mengundang Ukraina dalam pertemuan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada Jumat 27 Mei 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan rasa terima kasihnya pada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo karena telah mengundang Ukraina dalam KTT G20.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
TKN Tak Akan Ambil Langkah Hukum Pihak-pihak yang Adu Domba Prabowo dengan Jokowi

“Saya berterima kasih kepada Presiden Indonesia atas undangan submit G20. Saya yakin submit G20 merupakan diskusi yang bersahabat antara kepala negara,” kata Zelensky dalam keterangannya melalui siaran langsung Youtube milik Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Zelensky juga menambahkan bahwa dirinya yakin jika pertemuan antar kepala negara dalam G20 akan mencari solusi dan jalan keluar mengenai konflik yang ada pada saat ini.

“Mengenai G20, Dunia akan menghadapi tantangan dan konflik yang ada. Konflik dan krisis pangan saya khawatir akan menjadi besar,” ujar Zelensky.

“Saya berharap G20 akan dapat mencari solusi dan jalan keluar mengenai konflik dan perang. Terutama perang ini ada di pusat Eropa. Kita memerlukan semuanya untuk bersatu untuk menghentikan agresi mereka (Rusia),”

Berita Lainnya:
Bahlil Ungkap Kemungkinan Jokowi akan Jadi Penasihat Khusus Prabowo

Dalam keterangannya juga, Presiden Ukraina yang menjabat sejak 2019 itu mengatakan bahwa G20 harus dapat menghentikan perang yang ada dan mendukung penuh Ukraina.

Namun, pada undangan yang diterima Zelensky dari Indonesia untuk hadir dalam KTT G20 di Bali, Zelensky mengatakan bahwa dirinya tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut.

“Saya tidak dapat berkunjung karena saya harus bersama rakyat saya, jadi saya akan bergabung dengan anda kalau bisa dilakukan secara online, itu adalah opsi yang saya pilih.”

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi